IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Jet Sewaan Sudirman, Ditalangi Pertagas dan Dibayar KESDM

Jet Sewaan Sudirman, Ditalangi Pertagas dan Dibayar KESDM

Written By Indopetro portal on Sunday, 31 May 2015 | 15:31

indoPetroNews.com - Selama masa pemerintahan Jokowi -JK, pemberlakuan dalam hal pengetatan anggaran cukup mendapat apresiasi dari masyarakat. Baik itu dari anggaran rapat, sampai dengan perjalanan dinas para pejabat pemerintah.

Tak khayal, beberapa waktu yang lalu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam tugasnya ke Singapore dan secara tiba-tiba dalam waktu yang sama, harus segera menuju ke Lhoksumawe, Banda Aceh, pada acara Peresmian Blok Arun, Menteri ESDM, Sudirman Said menggunakan pesawat Jet.

Tudingan terhadap Sudirman Said bahwa ia dianggap tidak hemat energi dan boros terhadap anggaran pun bermunculan dimana-mana. Mantan dirut PT Pindad ini juga menolak anggapan, bila fasilitas yang diberikan oleh Pertamina dikatakan pribadi. Sebab kata dia, pesawat yang disewa seharga USD 35.750 atau setara Rp 471 juta itu tidak hanya untuknya. Namun juga ada beberapa orang didalamnya. Karena itu dia meminta agar hal tersebut tidak perlu dibesar-besarkan.

"Yang mengundang biasanya siapkan transportasi. Makanya pengundang pakai pesawat carter atau sebagian orang bilang private jet. Tapi private jet ini kalau jet satu yang naik sendiri itu private. Kalau ramai-ramai namanya pesawat carter. Tapi untuk apa sih ribut soal beginian. Tidak usah diperpanjang. Orang lagi kerja, tapi kok diributin dengan hal-hal kecil," protesnya, di Kantor Kementerian ESDM, Minggu (31/5).

Dia menjelaskan, seluruh fasilitas yang ia dapatkan selama bekerja disesuaikan dengan waktu dan kebutuhan. Sudirman menambahkan, dia bukan orang yang anti menggunakan fasilitas moda transportasi umum.

"Soal jet pribadi. Sebetulnya sih saya menggunakan transportasi ini fungsional saja. Hari-hari pakai kijang. Kalau ada acara kenegaraan saya pakai kendaraan dinas menteri. Kalau keadaan normal ke Bandung naik kereta atau mobil. Tapi kalau hari itu mesti balik, kadang-kadang disiapkan helikopter. Menteri kan rada penting dong waktunya. Jadi bagaimana agar semua kegiatan bisa tercapai," kata Sudirman.

"Pesawat juga begitu. Kalau terbang kurang dari 2-3 jam ya ekonomi. Biasa saja begitu. Tapi kalau misalnya terbang 10 jam, sampai di kota tujuan harus segera meeting, ya kasih business class supaya cukup tidur. Paginya bisa fresh langsung jalan," imbuhnya.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Pusat Studi Kebijakan Publik Indonesia (Puskepi) Sofyano Zakaria, mengatakan, sewa pembayaran pesawat jet itu sebenarnya ditalangi sementara oleh anak usaha PT Pertamina (Persero), yaitu Pertagas, dan dirembes atau di klaim ke Kementerian ESDM dengan menggunakan dana operasional menteri (DOM). Sehingga biaya sewa (charter) pesawat jet tidak dibayarkan oleh PT Pertamina (Persero) atau Pertamina Energy Trading Ltd (Petral).

"Sudirman Said kan harus menghadiri acara gas itu, dan harus berangkat pagi sekali. Akhirnya Pertamina mengkontak air service yang harusnya menangani bisnis pesawat, namun tidak ada penerbangan saat itu juga dan akhirnya menyewa pesawat jet pribadi, dan dihubungilah Pertagas untuk menalangi biaya sewa dulu, setelah itu di rembes ke Kementerian ESDM, jadi dibayarnya pakai dana Kementerian," beber Sofyano yang mengaku mendapat informasi dari sumber yang terpercaya.

Sofyano mengatakan, publik seharusnya tidak perlu mempercayai jet pribadi itu adalah hasil suap dari Petral yang sebentar lagi akan dibubarkan, karena tidak ada bukti transfer uang atau lainnya dari Petral atau Pertamina.

"Kalau ada transferan, baru kita bisa percayai jadi ini belum bisa dibuktikan. Dan memang Sudirman Said tidak punya jet pribadi, yang punya itu Oesman Sapta Odang, Surya Paloh, Abu Rizal Bakrie, karena mereka punya usaha dan bisnis yang bagus, dan parkirnya di Bandara Halim sana," tuturnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login