IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Kegiatan Tambang Migas Terganggu Akibat Kebijakan Menteri Kelautan

Kegiatan Tambang Migas Terganggu Akibat Kebijakan Menteri Kelautan

Written By kusairi kusairi on Friday, 22 May 2015 | 09:59

indoPetroNews.com - Ketua Komite Eksplorasi Nasional, Andang Bachtiar menilai, kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan melakukan konservasi wilayah laut di Indonesia dapat mengganggu kegiatan pertambangan minyak dan gas bumi (Migas) pada daerah lepas pantai.

Andang mengatakan luas wilayah konservasi sejauh 4 mil dari tepi daratan, dapat menggerus wilayah migas lepas pantai. Sehingga berpengaruh besar terhadap produksi migas nasional.

"Wilayah eksplorasi yang akan terkena dampak kebijakan tersebut adalah Blok Mahakam. Padahal banyak prospek di jarak 0-4 mil Mahakam. Kalau dilarang, produksinya akan turun," ujar Andang di Jakarta, Jumat (22/5).

Menurut ketua Komite bentukan Menteri ESDM tersebut, pemerintah seharusnya mempertimbangkan kebijakan-kebijakan apa saja yang harus diutamakan, terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

"Kami ingin lihat concern dunia kelautan dan migas bagaimana. Mana yang harus dilindungi mana tidak. Itu isu besar sehingga perlu ada pembahasan," katanya.

Selain itu, sambung Andang, karakter pertambangan migas jelas sangat berbeda dengan tambang lainnya. Sehingga harus dilihat pengaruh kegiatan hulu migas terhadap kebutuhan energi nasional.

"Karakter minyak dan gas, beda dengan tambang. Bahayanya juga luar biasa, kalau terjadi blow out, bisa merusak pesisir 1-4 mil," ujar Andang.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), berencana melakukan konservasi wilayah laut Indonesia hingga sejauh 4 mil dari tepi pantai untuk membangun sektor bahari di Tanah Air. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login