IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Ketua Komisi VII: Masuk OPEC, Jangan Sampai Hanya Jadi Penonton

Ketua Komisi VII: Masuk OPEC, Jangan Sampai Hanya Jadi Penonton

Written By Indopetro portal on Monday, 11 May 2015 | 14:43

indoPetroNews.com - DPR RI mempertanyakan alasan pemerintah yang ingin masuk kembali menjadi anggota OPEC. Pasalnya, saat ini Indonesia bukan lagi menjadi eksportir, melainkan sudah menjadi net importir.

Ketua Komisi VII DPR RI, Kardaya Warnika mengatakan, rencana masuk kembali menjadi anggota OPEC harus dipikirkan ulang. Jangan sampai, Indonesia dilecehkan hanya sebagai penonton, tapi tidak memiliki kebijakan dalam penentuan harga minyak dunia.

"Apa iya nanti kalau mau masuk ke OPEC bisa diterima dengan baik? Jangan jangan Indonesia cuma disuruh tunggu di teras pintu saja," ujar Kardaya di Jakarta, Senin (11/5).

Diakuinya, kalaupun ekspor, minyak yang diekspor Indonesia tidak seberapa, dan itu dilakukan karena minyaknya tidak bisa diolah di kilang dalam negeri. Dan kemudian, Indonesia mengimpor BBM lebih besar dari ekspor.

Menteri ESDM Sudirman Said sebelumnya berencana membawa Indonesia kembali menjadi anggota OPEC. Itu dilakukan agar Indonesia bisa dekat dengan dinamika yang ada diantara produsen dan exporter sehingga bisa mengambil manfaat dalam penentuan harga BBM untuk Indonesia.

Selain itu, menurut Sudirman, selama ini, setiap tahunnya Indonesia selalu diundang oleh OPEC dalam kongres tahunannya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login