IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » KKKS Protes Terhadap PBB Eksplorasi Migas

KKKS Protes Terhadap PBB Eksplorasi Migas

Written By Indopetro portal on Monday, 11 May 2015 | 09:27

 indoPetroNews.com - Indonesia Petroleum Association (IPA) mendesak pemerintah membatalkan rencana pengenaan pajak eksplorasi terhadap perusahaan minyak dan gas. Karena, pajak tersebut dinilai tidak sesuai pada tempatnya.

Direktur Eksekutif IPA, Dipnala Tamzil, mengatakan pemerintah telah menetapkan pajak bumi dan bangunan (PBB) kepada KKKS yang masih dalam tahap eksplorasi. Padahal, kata Tamzil, dalam kegiatan eksplorasi, KKKS belum mendapatkan apapun, dan belum memiliki, menguasai serta memanfaatkan bumi dan bangunan tersebut.

Selain belum mendapat apapun, lanjut Dipnala, tingkat resiko eksplorasi juga sangat tinggi, dan jika mengalami kegagalan, kerugian bakal ditanggung pihak KKKS.

"Tagihan PBB-nya tidak wajar, nilai pajaknya melebihi komitmen anggaran eksplorasi," ujar Dipnala, di Jakarta, Senin (11/5).

Permasalahan PBB terkuak setelah diterbitkannya Peraturan Pemerintah No 79/2010 tentang biaya operasi yang dapat dikembalikan dan diberlakukan pajak penghasilan di bidang usaha hulu migas.

Dalam beleid itu, tarif pajak dikenakan terhadap seluruh luas wilayah kerja lepas pantai (offshore) pada 2012 sebesar Rp16,28 per meter persegi, dengan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang ditetapkan sebesar Rp7.996 per meter persegi. Sementara untuk 2013 ditetapkan Rp22,68 per meter persegi, dengan NJOP Rp11.200.

Saat ini, menurut Dipnala, KKKS telah mengajukan permohonan pembatalan pajak tersebut. Dan, agar bisa mengajukan banding di Pengadilan Pajak, KKKS harus membayar 50 persen tagihan pajak tersebut terlebih dahulu. Sementara beberapa KKKS mengaku tidak memiliki dana sebesar itu.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan melalui laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkapkan ada potensi kerugian negara akibat banyaknya KKKS yang belum membayar pajak.(EHS)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login