IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Komitmen Minim, Energi Nuklir Macet

Komitmen Minim, Energi Nuklir Macet

Written By Indopetro portal on Monday, 11 May 2015 | 18:21

indoPetroNews.com - Direktur Jenderal Energi Baru dan Terbarukan (EBT) Kementerian Energi Sumber Daya Mineal (ESDM), Rida Mulyana mengatakan, jika Indonesia ingin menjadi negara maju, maka ketersediaan energi listrik harus terpenuhi. 

Menurut Rida, meskipun seluruh EBT mulai dari energi matahari, air, panas bumi dan lainnya digunakan, jumlah tersebut tetap tidak akan mencukupi kebutuhan energi nasional. Maka dari itu, energi nuklir adalah salah satu jalan keluarnya.

Rida mengatakan, dari 10 negara dengan penduduk terbanyak di dunia saat ini sebagian besarnya sudah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN). Namun, Indonesia yang menempati peringkat ke 4 penduduk terbanyak belum memiliki PLTN tersebut.

"Kita itu penduduknya nomor 4 terbanyak di dunia loh. Bahkan kalau di sekitar ASEAN, itu Thaliand, Malaysia, Filipina, Vietnam itu sudah mau bangun PLTN, bahkan kalau Singapura punya lahan sudah dari dulu bangun PLTN. Kita masih cita-cita," kata Rida, di Jakarta, Senin (11/5)

Hanya saja, saat ini Pemerintah masih memposisikan nuklir sebagai pilihan terakhir. Hal itu dikarenakan, Pemerintah menganggap, masih banyak potensi energi baru terbarukan lain yang belum tergarap. "Panas Bumi kita punya potensi 28.000 MW, air 75.000 MW, dan lainnya. Tapi kita baru manfaatkan kurang dari 5%," kata Rida.

Meskipun demikian, lanjut Rida, seluruh potensi listrik dari EBT digunakan, kebutuhan listrik tetap tidak akan cukup. Apalagi kalau mengandalkan batubara dan gas bumi, cadangannya makin menipis setiap tahunnya.

Sebelumnya pernah disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, bahwa Indonesia harus menjadi negara industri, tapi bagaimana industrinya maju bila listriknya kurang. "Bahkan walaupun seluruh Pulau Jawa ditutupi solar cell (panel surya) tetap saja listriknya tidak cukup. Pasalnya ekonomi tumbuh, listrik harus tambah lebih besar lagi,” tutup Rida.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login