IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Menteri ESDM: Net Importir, Kita Masih Merasa Surplus

Menteri ESDM: Net Importir, Kita Masih Merasa Surplus

Written By Indopetro portal on Wednesday, 20 May 2015 | 15:18

indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, kondisi produksi minyak yang terus menurun, konsumsi minyak yang terus naik dan menjadi net importir minyak, masih banyak orang yang merasa berada pada posisi 20 tahun lalu ketika Indonesia masih surplus minyak.

Kondisi tersebut harus diubah, dan sudah saatnya melakukan terobosan baru, untuk menciptakan ketahanan energi nasional yang memadai. "Kita masih merasa ada dalam posisi 20 tahun lalu, ketika surplus. Hingga saat ini belum ada suatu terobosan dan tindakan yang mendasar untuk mengubah asumsi. Kita bukan surplus minyak tapi netting importir saat ini," ujar Sudirman di Jakarta, Rabu (20/5).

Untuk mengubah asumsi tersebut, dan mengejar ketahanan energi, menurut Sudirman, presiden telah menekankan berbagai inisiatif reformasi struktural yang mendasar untuk memperkuat prekonomian jangka panjang. "Reformasi kadang-kadang bikin sebagian orang tidak nyaman, tapi betapapun sulitnya, ini menjadi tugas bersama," katanya.

Diakuinya, hingga saat ini sektor migas masih menjadi penyumbang kas negara terbesar, mencapai 21 persen. Bahkan, sektor migas juga masih menjadi andalan untuk pergerakan ekonomi nasional.
Sudirman menambahkan, untuk meningkatkan produksi, pemerintah saat ini mencoba memberikan kemudahan-kemudahan bagi investor. Bahkan untuk perizinan, pemerintah telah mengurangi perizinan yang tidak penting. "Tahun lalu masih ada 104 perizinan yang harus dilalui investor, 2015 menjadi 42 izin, dan tahun ini kita serahkan seluruh perizinan ke BKPM. Jadi satu pintu," tegasnya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login