IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pembatalan Kenaikan Harga Pertamax, Skenario Para Mafia Migas

Pembatalan Kenaikan Harga Pertamax, Skenario Para Mafia Migas

Written By Indopetro portal on Monday, 18 May 2015 | 05:52

indoPetroNews.com - Mantan Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Faisal Basri menilai, pembatalan kenaikan harga BBM non subsidi beberapa hari lalu adalah permainan PT Pertamina Persero untuk membuat gaduh di masyarakat.

Bahkan, menurut Faisal, pembatalan kenaikan harga BBM tersebut juga sebagai buntut dari dibubarkannya anak usaha Pertamina, Pertamina Energy Trading Ltd (Petral). Oknum-oknum di Pertamina ingin membuat kekacauan melalui pembatalan tersebut.

"Saya curiga ini (pembatalan kenaikan harga BBM) cuma mau bikin rusuh saja. Tidak mungkin kebijakannya sekacau ini kalau tidak ada motifnya," tegas Faisal di Jakarta, Minggu (17/5).

Yang harus bertanggung jawab dari kegaduhan tersebut, menurut Faisal, adalah Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina, Ahmad Bambang, karena banyak kesalahan fatal yang dibuatnya.

Faisal mengibaratkan, Petral merupakan sarang tawon, dimana saat sarangnya dibakar, tawon tersebut ada yang kabur, marah dan lainnya. Begitu juga yang terjadi dengan mafia migas saat ini, ketika Petral dibubarkan, mafia tersebut justru membuat kacau.

"Saya pernah bilang ke teman-teman istana, di sana Pertamina ada. Mereka bergerak untuk melakukan itu kekacauan," katanya.

Dijelaskan, modus yang digunakan mafia migas dalam membuat kekacauan terlihat jelas, karena pada Surat Edaran Pertamina untuk pengusaha SBPBU, Pertamax pada hari Jumat (15/5) harusnya naik menjadi Rp9.600 dari Rp8.600.

Namun, kenaikan tersebut jauh lebih tinggi dari yang dilakukan SPBU asing (Shell, Total) untuk BBM jenis yang sama dengan pertamax. SPBU asing hanya menaikkan Rp220 per liter, sedangkan Pertamina kenaikan mencapai Rp1.000 per liter.

"Itu kan bodoh. Saya rasa orang bodoh pun tidak akan sampai sebodoh itu. Orang jahat bisa begitu. Jadi kelihatan banget motifnya apa," jelasnya. EHS
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login