IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemerintah Tunda Kenaikan Seluruh Item BBM

Pemerintah Tunda Kenaikan Seluruh Item BBM

Written By Indopetro portal on Friday, 15 May 2015 | 15:25

indoPetroNews.com - PT. Pertamina (Persero) kemarin mengumumkan rencana kenaikan harga BBM jenis Pertamax. Namun, sesaat kemudian kenaikan itu dibatalkan. Perubahan secara mendadak itu menimbulkan tanda tanya, ada apa sebenarnya?

Pertamina sebelumnya telah merilis daftar harga baru BBM, di mana harga Pertamax dinyatakan meningkat. Namun hal itu bertolak belakang dengan sikap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Sudirman mengaku, dirinya berperan dalam batalnya kenaikan harga Bahan Bakar Khusus (BBK) Pertamax Cs tersebut. “Baru saja kemarin kita diskusi dengan Pertamina, soal kita tunda dulu kenaikan seluruh item (harga BBM)," tegas Sudirman di Jakarta, Jumat (1/5/2015).

Sudirman menjelaskan, saat ini kenaikan harga Pertamax Cs ditunda sampai waktu yang tepat. Pasalnya, pemerintah dan Pertamina tengah mencari pola kenaikan harga BBM agar tidak menyusahkan masyarakat karena jenis BBM tersebut tidak disubsidi oleh negara.
"Harusnya tidak lama-lama (penundaan kenaikan Pertamax). Tapi tadi, bahwa bottomline-nya adalah kita akan mencari pola untuk supaya gejolak harga BBM itu tidak menimbulkan dampak terlalu besar dalam perencanaan. Dan itu sekali lagi arahan dari Komisi VII, aspirasi dari masyarakat termasuk dunia usaha," ujarnya.

Sebelumnya, Harga BBM jenis pertamax cs mengalami kenaikan sekira Rp800 menjadi Rp9.600 per liter. Kenaikan harga tersebut akan berlaku mulai pukul 00.00 WIB, Jumat 15 Mei 2015. Walau begitu, harga BBM jenis premium tidak mengalami kenaikan.

Seperti terungkap dalam keterangan tertulis Pertamina, kenaikan harga BBM tersebut untuk SPBU di Wilayah Marketing Operation Region III, yakni Jakarta dan wilayah Jawa bagian barat.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login