IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Penyerapan Biodiesel Meleset dari Target

Penyerapan Biodiesel Meleset dari Target

Written By Indopetro portal on Thursday, 28 May 2015 | 16:17

indoPetroNews.com - Implementasi mandatori penyerapan biodiesel sebesar 15 persen (B15) untuk bahan bakar minyak (BBM) subsidi meleset dari target. Terbukti, seharusnya rencana itu sudah dapat dilakukan pada akhir bulan ini. Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, melesetnya target itu lantaran pemerintah masih menunggu regulasi terkait Crude Palm Oil (CPO) supporting fund.

Regulasi itu terbit dalam Peraturan Pemerintah (PP), dan Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur megenai penghimpunan dana perkebunan dari kelapa sawit. Dalam beleid itu nantinya, para pengusaha kelapa sawit diwajibkan membayar US$50 per ton CPO yang diekspor. Aturan juga tetap berlaku pada ekspor produk turunan CPO. Namun pungutan yang dikenakan US$30 per ton.

"Jadi ceritanya harus lama menunggu PP dan Perpres. Karena mesti ditandatangani Presiden dan Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia)," kata Rida di Jakarta, Kamis (28/5). Selain itu, kedua aturan tersebut juga membutuhkan beleid turunan yang dikeluarkan langsung oleh Kementerian ESDM dengan bentuk Peraturan Menteri (Permen). Namun, Rida memastikan, aturan itu bisa terbit dalam waktu dekat.

"Sebenarnya Permen-nya sudah ada tinggal teken. Kan enggak lucu kalau Permen duluan yang keluar sementara PP dan Perpres-nya belum," ujarnya. Rida menambahkan, beleid yang dikeluarkan Kementerian ESDM khusus mengatur Harga Indeks Pasar (HIP) biodiesel. Dengan terbitnya seluruh aturan, maka diperkirakan implementasi penyerapan B15 bisa terealisasi awal Juni 2015. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login