IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Akui Adanya Opsi Swap Yang Ditawarkan Pihak Total

Pertamina Akui Adanya Opsi Swap Yang Ditawarkan Pihak Total

Written By Indopetro portal on Tuesday, 5 May 2015 | 08:16

Gedung Pertamina
indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) mengakui ada opsi swap atau pertukaran wilayah kerja (WK) antara pihaknya dengan Total E&P Indonesie, saat Pertamina mengambil alih Blok Mahakam dari Total pada 2018.

Dalam opsi pertukaran tersebut, Total menawarkan pihak Pertamina untuk memperoleh aset Total yang berada di luar negeri, asalkan pihak Total bisa ikut kembali dalam penglolaan Blok Mahakam.

 VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan swap tersebut merupakan opsi yang disampaikan Total. Namun, saat ini Pertamina masih menghitung keekonomian dari penawaran tersebut. Direksi Pertamina pun mengakui hal tersebut merupakan opsi yang cukup potensial untuk ditindaklanjuti.

"Swap seperti itu juga salah satu opsi yang dilihat direksi cukup potensial untuk ditindaklanjuti. Yang paling penting buat kami adalah bagaimana meningkatkan cadangan atau volume produksi," ujar Wianda di Jakarta, Senin kemaren (4/5).

Diakuinya, untuk opsi swap tersebut pihaknya akan melakukan pembicaraan lebih lanjut dengan Total. Karena Pertamina masih harus melihat objektivitasnya. Juga, yang terpenting buat Pertamina, bisa meningkatkan cadangan produksi baik dari luar maupun dari dalam negeri.

"Ada hitung-hitungannya secara commercial terms yang merupakan tugas teman-teman di unit business development di hulu. Saya rasa mereka punya hitung-hitungannya. Jadi, siap atau tidak menerima itu tergantung commercial terms-nya," kata Wianda.

Sebagaimana diketahui, Pertamina sudah dipastikan akan mengelola Blok Mahakam per 1 Januari 2018. Dalam pengelolaannya, pemerintah juga mengalokasikan hak participating interest kepada pemerintah daerah Kalimantan Timur yang akan dikelola oleh BUMD.Epan/Aldi
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login