IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Ambil Alih Blok Rokan dan Blok Sanga-sanga

Pertamina Ambil Alih Blok Rokan dan Blok Sanga-sanga

Written By Indopetro portal on Saturday, 30 May 2015 | 02:00

indoPetroNews.com - PT. Pertamina (Persero) mengincar wilayah kerja (WK) minyak dan gas bumi (Migas) Sanga-sanga, yang berada di Kalimantan Timur. Diketahui blok tersebut dikelola perusahaan Vico Indonesia.

Staf Khusus Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Widyawan Prawiratmadja mengatakan, prinsip dasarnya adalah semangat bagaimana wilayah kerja migas yang besar, sudah lama dan mau habis masa kontraknya, khususnya yang dikelola asing maka akan diprioritaskan untuk perusahaan BUMN kita.

"Jadi, menurut hemat saya, Pertamina harus lebih fokus pada wilayah kerja migas yang besar-besar saja," ujar Widyawan di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (29/5).

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan Pertamina akan mengambil alih blok-blok migas besar yang dikuasai asing. Selain Blok Mahakam, Pertamina berminat untuk mengambil alih Sanga-Sanga dan Blok Rokan yang dikelola Chevron Pacific Indonesia (CPI).

"Sayang saja kalau tidak propose. Chevron juga," katanya.

Ditempat yang sama, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja menyebutkan, Kementerian ESDM telah menerima surat Pertamina yang tertarik untuk ambil alih blok tersebut.

"Secara informal Pertamina sudah kirimkan surat untuk kelola Sanga-Sanga. Ini untuk yang konvensional ya, kalau yang CBM (coal bed methane) belum karena kontraknya masih lama," ujarnya.

Seperti diketahui, Blok Sanga-Sanga merupakan Wilayah Kerja Migas dengan jumlah produksi mencapai 16.733 barel setara minyak per hari (BOEPD). Lantaran ditaksir masih memiliki cadangan minyak sebesar 13.232 MSTB (thousand stock tank barrel) dan gas mencapai 448,96 miliar kaki kubik (BSCF), manajemen Pertamina diberitakan tengah mengincar blok yang berdekatan dengan Wilayah Kerja Mahakam di Provinsi Kalimantan Timur tersebut. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login