IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Bantah Curang Isi Tabung Gas

Pertamina Bantah Curang Isi Tabung Gas

Written By Indopetro portal on Wednesday, 27 May 2015 | 17:06

indoPetroNews.com - Pihak PT. Pertamina (Persero) membantah kabar yang mengatakan bahwa dalam mengisi LPG, Pertamina melakukan kecurangan terhadap volume tabung gas. VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan dalam pengemasan, kualitas dan kuantitas LPG sudah sesuai prosedur. Bahkan tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 31/M-DAG/PER/10/2011 untuk menjamin agar konsumen tidak dirugikan dan benar-benar mendapatkan LPG sesuai dengan isinya.

"Memang dalam kondisi penukaran tabung kosong masih ada kemungkinan elpiji yang tersisa. Namun secara teknis sisa elpiji tersebut dinilai sulit dikeluarkan tanpa menggunakan alat khusus. Sebelum diisi ulang harus kosong dahulu," ujar Wianda, di Jakarta, Rabu (27/5).

Sedangkan untuk alat timbang yang digunakan Pertamina, Wianda menegaskan, setiap tahunnya, ketepatan alat ukur selalu di chek oleh Dinas Metrologi.

Wianda juga membantah tudingan bahwa Pertamina melarang stasiun pengisian dan pengangkutan bahan bakar elpiji (SPPBE) untuk melakukan penimbangan ulang. "Pertamina memfasilitasi desain layout SPPBE dengan opsi penempatan jembatan timbang," katanya.

Sebelumnya, mantan Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Faisal Basri, menuding Pertamina mengambil untung dari elpiji kosong yang nyatanya tidak benar-benar kosong. Selain itu, Faisal juga mencurigai setiap tabung elpiji, isinya tidak sepenuhnya sesuai dengan takaran yang tertulis. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login