IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina dan PGN Saling Klaim Dapat Menjadi Agregator Gas

Pertamina dan PGN Saling Klaim Dapat Menjadi Agregator Gas

Written By Indopetro portal on Tuesday, 12 May 2015 | 13:06

indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. saling mengklaim siap menjadi agregator gas, untuk memenuhi kebutuhan gas di dalam negeri, seperti yang dicanangkan pemerintah.

Juru Bicara PGN, Irwan Andri Atmanto, menegaskan dalam menjalankan bisnisnya selama ini, secara tidak langsung sudah menjadi agregator gas. Dan untuk mendapatkan gas, PGN membeli dari sejumlah pemasok, seperti ConocoPhilips, Medco, Santos, dan Pertamina, dengan harga berbeda-beda namun ditentukan pemerintah.

Pasokan gas tersebut kemudian disatukan dan PGN menentukan harga kepada pelanggan dalam satu harga. "Beli dengan harga berbeda-beda, dan jual dengan satu harga. Di sinilah peran PGN sebagai badan penyangga gas sudah dilakukan," ujar Irwan, di Jakarta, Selasa (12/5).

Irwan menambahkan, PGN juga memiliki dan mengoperasikan pipa gas bumi lebih dari 6.100 kilometer. "Ini adalah pipa gas bumi yang dimiliki sebuah perusahaan yang terpanjang dan terbesar di Indonesia," katanya.

Sementara itu, VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengklaim, Pertamina juga siap menjadi agregator gas nasional. Alasannya, karena Pertamina sudah memiliki pengalaman dalam trading LNG sejak 1977.

Selain itu, Pertamina juga memiliki infrastruktur gas mulai dari terminal regasifikasi gas sampai pipa-pipa yang terhubung hingga ke perumahan. Apalagi pihaknya mampu menyelesaikan proyek pipa Arun-Belawan sepanjang 350 kilometer dalam waktu 18 bulan saja.

Sebagaimana diketahui, pembentukan agregator gas tersebut akan dimasukkan dalam revisi UU Migas No 22/2001. Agregator tersebut akan dibentuk atau ditunjuk melalui BUMN. Dan saat ini, BUMN yang bergerak di sektor energi, terutama gas bumi, adalah PGN dan Pertamina. (Ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login