IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Kerjasama Adaro Tingkatkan Ketahanan Energi Nasional

Pertamina Kerjasama Adaro Tingkatkan Ketahanan Energi Nasional

Written By Indopetro portal on Wednesday, 13 May 2015 | 17:25

indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) akan menggunakan aset penyimpanan (tangki timbun) milik Adaro, untuk meningkatkan ketahanan energi nasional. Dan keduanya tengah melakukan kerjasama strategis dalam mengoptimalisasikan infrastruktur bahan bakar minyak (BBM).
Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan Saat ini Adaro memiliki fasilitas penyimpanan (storage) berkapasitas 72.000 kiloliter (KL) per hari. Penggunaan aset milik Adaro sangat penting untuk meningkatkan cadangan operasional minyak dari 18 hari menjadi 30 hari.

"Ini juga jadi satu langkah diharapkan menteri. Meningkatkan cadangan dari 18 hari menjadi 30 harian," kata dia usai penandatangan perjanjian kerjasama tersebut di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Rabu (13/5).

Dalam perjanjian kerjasama ini, Pertamina juga akan memasok solar untuk Adaro sebanyak 550.000 KL per tahun. Ada pun kebutuhan solar Adaro mencapai 800.000 KL per tahun. Nilai kerjasama ini mencapai Rp 7 triliun per tahun, dengan jangka waktu selama 10 tahun. Sementara perjanjian kerjasama ini akan mulai berjalan efektif dalam dua bulan ke depan.

Presiden Direktur Adaro, Garibaldi Thohir menganggap kerjasama ini sangat penting bagi kedua belah pihak. Di satu sisi Adaro membutuhkan keamanan pasokan BBM sementara Pertamina membutuhkan pasar BBM. "Kami lihat ada sinergi yang upayakan bersama. Ini momentum untuk kami tularkan pada teman BUMN dan swasta nasional lainnya," ujar dia.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan langkah Pertamina bekerjasama dengan Adaro ini dapat meningkatkan pangsa pasar di Indonesia Timur. Mengingat Grup Adaro sangat besar di daerah kalimantan dan Indonesia Timur.

Dengan begitu Pertamina diharapkan bisa menjadi semakin kuat untuk pengadaan BBM bagi masyarakat dan kalangan usaha. "Terutama untuk usaha. Selama beberapa tahun ini Pertamina tidak bisa memenangkan tender untuk dapat mensuplai perusahaan besar di Indonesia Timur," ujar dia.

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja menganggap kerjasama ini sejalan dengan program Kementerian ESDM dalam membangun cadangan penyangga. "Ini sangat bermanfaat dan akan menjadi salah satu role model untuk pengembangan Indonesia Timur sehingga cadangan penyangga kita makin kuat," ujar dia.(ehs)


Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login