IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Mencari Mitra Membangun Kilang Untuk Capai Swasembada BBM

Pertamina Mencari Mitra Membangun Kilang Untuk Capai Swasembada BBM

Written By Indopetro portal on Tuesday, 5 May 2015 | 15:01

indoPetroNews.com - Pemerintah menargetkan mampu mencapai swasembada produksi kilang bahan bakar minyak (BBM) pada 2025. Anggota Komisi VII DPR, Kurtubi menyatakan sepakat atas target tersebut.

Kurtubi mengatakan pemerintah harus mempercepat proyek-proyek kilang untuk menuju swasembada produksi BBM, karena semakin lama ketergantungan impor bakal semakin besar. "Ketergantungan impor BBM ini membahayakan ketahanan energi kita," katanya di Jakarta, Selasa (5/5).

Menurut dia, proyek seperti residual fluid catalytic cracking (RFCC) di kilang Cilacap, Jateng harus diperbanyak dan dipercepat, sehingga bisa mengurangi porsi impor BBM.

Sebelumnya, Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, RFCC Cilacap yang dibangun PT Pertamina (Persero) akan mulai beroperasi pada Juni 2015. "Proyek ini merupakan tahapan menuju kedaulatan energi karena mengurangi impor BBM," kata Kurtubi.

RFCC Cilacap berkapasitas 62.000 barel per hari dengan produksi antara lain dua juta kiloliter bensin per tahun, elpiji 352 ribu ton per tahun, dan propilen 142 ribu ton per tahun.

Selain itu, RFCC Kilang Cilacap juga meningkatkan kapasitas pencampuran bensin oktan 92, mengurangi komponen bahan bakar oktan tinggi (impor high octane mogas component/HOMC), dan meningkatkan marjin kilang.

Kurtubi mengusulkan, lokasi pembangunan kilang baru ditetapkan secara menyebar di seluruh Indonesia. "Kilang baru bisa dibangun di NTB, Sulawesi, dan Jatim," ujarnya.

Menurut dia, dengan lokasi kilang yang menyebar, maka jangkauan distribusi ke konsumen semakin pendek, sehingga makin efisien.

Anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas Fahmi Radhy mengatakan, pembangunan kilang BBM tidak boleh tertunda lagi. "Proyek kilang tidak bisa ditawar lagi. Bisa dibangun Pertamina sendiri, bersama mitra, atau dibangun dengan dana APBN, karena ini demi ketahanan energi," katanya.

Menurut dia, proyek kilang juga bakal menghilangkan mafia impor BBM. Oleh karena itu, Fahmi meminta Menteri Keuangan memberikan insentif yang diminta investor, sehingga pembangunan kilang terealisasi.

"Saya kira insentif yang diminta investor seperti tax holiday atau off taker merupakan hal yang wajar, sehingga sebaiknya diberikan saja," ujarnya.

Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan, pemerintah berencana membangun empat kilang baru berkapasitas masing-masing 300.000 atau total 1,2 juta barel per hari dalam 10 tahun ke depan untuk mencapai target swasembada BBM pada 2025.

Rencananya, proyek kilang itu akan dibangun secara khusus seperti program pembangunan pembangkit listrik 35.000 mw di antaranya proses pengadaan melalui penunjukan langsung.

Wiratmaja mengatakan, skema pengadaan kilang yang paling memungkinkan dan cepat dilakukan adalah melalui penugasan pemerintah ke Pertamina dan selanjutnya Pertamina mencari mitra.

Selain membangun kilang baru, program swasembada BBM tersebut juga dengan merevitalisasi empat kilang Pertamina yakni Cilacap, Balikpapan, Balongan, dan Dumai dengan target penambahan produksi BBM sekitar 800 ribu barel per hari.

Dengan demikian, melalui pembangunan dan revitalisasi delapan kilang tersebut, didapat tambahan produksi BBM sekitar dua juta barel per hari. Kalau ditambah produksi BBM dari kilang dalam negeri yang dimiliki Pertamina saat ini sekitar 800 ribu barel BBM per hari, maka total produksi 2025 diharapkan mencapai 2,8 juta barel per hari.

Sementara, dengan asumsi pertumbuhan empat persen per tahun, maka konsumsi BBM dalam negeri pada 2025 diperkirakan 2,5-2,6 juta barel per hari atau meningkat dibandingkan 2015 sebesar 1,5 juta barel per hari.

Dengan demikian, proyek delapan kilang tersebut mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri pada 2025 atau sudah mencapai swasembada BBM.Epan
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login