IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Petral Bubar, Masyarakat Tunggu Harga BBM Turun

Petral Bubar, Masyarakat Tunggu Harga BBM Turun

Written By Indopetro portal on Monday, 25 May 2015 | 14:39

indoPetroNews.com - Unit usaha PT. Pertamina (Persero) yaitu Integrated Supply Chain (ISC) dituding masih belum terbukti melakukan efisiensi, atau dampak yang bisa menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM). "Komponen harga jual BBM itu kan ada harga beli (pengadaan), plus harga penyimpanan, plus pajak (PPN dan PBBKB), plus margin kepada Pertamina. Nah, komponen paling besar kan pengadaan, harusnya kalau ada penghematan dalam segi pengadaan, harusnya ada penurunan harga jual BBM ke masyarakat," kata pengamat kebijakan energi Yusri Yusman, di Jakarta, Senin (25/5).

Menurut Yusri, sejak fungsi pengadaan yang semula dipegang oleh Petral dan saat ini dialihkan ke unit usaha yang dipimpin Daniel Purba, rakyat menunggu, untuk merasakan dampak dari efisiensi yang pernah dikatakan Pertamina, bahwa selama Petral dibubarkan, ISC telah melakukan efisiensi sebesar USD22 juta.

"Rakyat menunggu ujungnya itu BBM murah. Kalau tidak, berarti ini hanya angka di atas kertas. Buktikan dong dengan memberi dampak kepada masyarakat," kata Yusri.

Sebelumnya, hal senada juga diutarakan oleh ketua Komisi VII DPR RI Kardaya Warnika. Menurutnya, tolak ukur untuk menilai efektif atau tidaknya upaya membubarkan Petral adalah turunnya harga bahan bakar minyak (BBM).

"Ya ujung-ujungnya bagi rakyat itu, wah itu dibubarin begini, mafia begini, mafia itu kita dari dulu cerita mafia juga kan kita enggak tau. Bagi rakyat itu yang penting, oh iya harga BBM turun berkat itu. Itu jelas dirasakan. Tetapi kalau dengan dibubarkan, nggak ada dampaknya terhadap harga BBM, terhadap biaya pengadaan BBM, jadi buat apa. Artinya kan ada tujuan loh," kata Kardaya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login