IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Petral Tak Single Buyer, Pemerintah Klaim Hemat USD 22 Juta

Petral Tak Single Buyer, Pemerintah Klaim Hemat USD 22 Juta

Written By Indopetro portal on Friday, 15 May 2015 | 17:14

indoPetroNews.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, setelah PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) tidak lagi jadi single buyer dan operasionalnya dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) melalui Integrated Supply Chain (ISC) sudah terdapat penghematan yang terbilang besar.

"Kami juga laporkan dalam tiga bulan saja (kepada Presiden Joko Widodo), Pertamina lewat ISC, setelah Petral tidak lagi single buyer, sudah ada penghematan USD22 juta," kata Menteri ESDM, Sudirman Said, di Jakarta, Jumat (15/5).

Sudirman menambahkan, penghematan bisa terus dilakukan dan mungkin saja angkanya semakin besar, bila ISC memaksimalkan kinerjanya dengan baik, untuk menggantikan operasional Petral. Bahkan, investigasi menjadi wajar dlakukan agar transparansi bisa terus terjadi dan memberikan rasa percaya diri di mata masyarakat, termasuk investor.

"Kalau itu saja sudah (hemat) USD22 juta, bagaimana kalau setahun atau sekian tahun. Artinya, selama ini diskon yang diperoleh Petral 1 barel USD35. Sementara tahun lalu itu USD0,35," papar Sudirman.

Dengan dasar itu, Sudirman kembali menegaskan bahwa investigasi memang harus segera dilakukan. Apalagi, Presiden Jokowi sudah memberikan instruksi agar investigasi memang dilakukan. Diharapkan, praktik tidak transparan yang merugikan negara bisa terkuak dan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab bisa ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

"Maka, audit investigasi ini akan terus dilakukan. Petral harus diselidiki karena ada praktek tidak transparan. Sejak awal Presiden sudah memberikan perhatian," ujar Sudirman.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login