IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Rencana Kenaikan Pertamax, akan Mengurangi Kerugian Premium dan Solar

Rencana Kenaikan Pertamax, akan Mengurangi Kerugian Premium dan Solar

Written By kusairi kusairi on Monday, 18 May 2015 | 16:11

indoPetroNews.com - Batalnya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax, dinilai akan mengurangi kerugian dari Premium dan Solar.

Pengamat energi dari ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro memperkirakan, jika saja Pertamax jadi naik, maka itu adalah kali keduanya BBM non-subsidi ini naik dalam satu bulan.

"Kalau saya melihat kenaikan ini latar belakanganya bukan di Pertamaxnya, tapi di Premium dan Solarnya," ujar Komaidi, di Jakarta, Senin (18/5).

Komaidi menjelaskan, seharusnya Premium yang sudah tidak disubsidi dan Solar yang diberikan subsidi tetap, terus disesuaikan dari harga minyak di pasaran. Namun kenyataannya harga Premium dan Solar belum disesuaikan lagi setelah 28 Maret lalu.

"Kita kan beli Premium dari pasar internasional. Seharusnya harganya sudah di atas Rp7.400. Tapi nyatanya belum dinaikkan," ujarnya.

Menurut perhitungannya, Pertamina saat ini menanggung selisih kerugian dari Premium dan Solar sebesar Rp15 triliun selama tahun ini. Oleh karena itu Pertamina disinyalir berniat mengurangi kerugian itu dari BBM berjenis non subsidi.

"Pemerintah kan menetapkan harganya (Premium dan Solar) tidak konsisten. Jadi menurut saya pasti rugi," ucapnya yakin.

Sama seperti Komaidi, pengamat energi dari Universitas Indonesia, Iwa Garniwa juga mempunyai pemikiran yang sama. Selain juga karena faktor anjloknya kurs Rupiah.

"Kenaikan Pertamax dimungkinkan ada dua (alasan). Pertama karena kurs, kedua saya pikir untuk menutupi pencabutan subsidi Premium dan Solar. Seharusnya ikutin harga pasar, tapi ditahan harganya. Otomatis butuh dana untuk menutupi itu. Karena itu dinaikan Pertamax," katanya.EHS
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login