IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , , » Sebaiknya Pertamina Tidak Membuat Anak Usaha Baru, Pengganti Petral

Sebaiknya Pertamina Tidak Membuat Anak Usaha Baru, Pengganti Petral

Written By Indopetro portal on Friday, 1 May 2015 | 20:16

gedung pertamina
indoPetroNews.com - PT. Pertamina (Persero) segera menutup anak usahanya, yaitu PT Pertamina Energy Trading Limited (Petral) dalam waktu dekat. Rencananya, setelah menutup Petral, Pertamina akan membuat anak usaha baru yang akan bergerak dibidang bisnis hilir secara Internasional.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Energy Watch Indonesia (EWI), Ferdinand Hutahaean mengatakan bahwa Pertamina lebih baik memaksimalkan dan mengoptimalisasi peran Direksi dan unit usahanya Integrated Supply Chain (ISC).

"Jika membentuk anak usaha baru dan sistemnya sama seperti Petral, artinya Pertamina hanya memindahkan wilayah permainan saja tapi tidak menyelesaikan masalah," kata Ferdinand kepada wartawan di Jakarta, Jumat (1/5).

Menurutnya, masalah pokok yang seharusnya diselesaikan Pertamina adalah bagaimana memperbaiki tata niaga migas dan tata cara pengadaan minyak baik Crude maupun BBM. "Intinya sistem yang harus diperbaiki bukan wadahnya," ucapnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengungkapkan bahwa pihaknya berencana membentuk anak usaha untuk mengelola bisnis hilir di luar negeri. "Misalnya, Pertamina sekarang punya international group untuk urus upstream namanya Pertamina International EP (PIEP). Nah, nantinya kita kembangkan mengenai aktivitas bisnis hilir Pertamina di luar negeri," kata Dwi.

Dwi juga menegaskan jika anak usaha baru Pertamina tersebut juga tidak akan memiliki fungsi yang sama dengan Petral dan anak perusahaan ini juga bukan menjadi perpanjang tangan Pertamina untuk proses pengadaan produk. Mengingat saat ini peran tersebut sudah dipegang oleh ISC. "Sebab, pengadaan BBM sudah Pertamina dengan mengoperasikan ISC," ujarnya.

Meski begitu, Dwi juga masih enggan membeberkan secara rinci terkait fungsi dari anak usaha yang mengurusi bisnis hilir internasional tersebut. "Belum. Nanti saja," singkatnya.EHS/ALD
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login