IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Setelah Air, Pertamina Kembangkan BBN dari Lumut

Setelah Air, Pertamina Kembangkan BBN dari Lumut

Written By kusairi kusairi on Monday, 18 May 2015 | 15:54

indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) mengembangkan bahan bakar nabati (BBN) dengan bahan baku tanaman lumut, sebagai bagian dari upaya efisiensi dalam pengadaan BBM. Sebelumnya, Pertamina juga sudah berhasil mengembangkan penggunaan air untuk campuran solar.

Vice President Research and Development Pertamina, ‎Eko Wahyu Laksono, mengatakan saat ini Pertamina tengah mengembangkan BBN dengan bahan baku algae atau lumut.

Dan ternyata, lumut memiliki potensi cukup besar untuk dijadikan bahan bakar, selain itu keberadaannya pun melimpah dan didukung dengan iklim di Indonesia, sehingga membuat lumut mudah berkembang.

‎"Banyak yang tak tahu bahwa lumut menyimpan potensi jadi bahan bakar. Sekarang baru riset," ujar Eko, di Jakarta, Senin (18/5).

Selain itu, untuk memperoleh minyak dari lumut relatif lebih mudah ketimbang kelapa sawit. Bahkan negara-negara lain sudah ada yang mengembangkan penggunaan lumut, seperti di Brasil. Bahkan, bahan bakar yang dihasilkan dari lumut pun lebih ramah lingkungan.

"BBM algae mengandung sulfur kurang dari 3 PPM, dan emisi lebih rendah. Spesifikasinya lebih bagus, jernih seperti air, itu euro 5 kalau sudah jadi BBM," kata dia.

Menurut Eko, dengan kondisi iklim di Indonesia, satu juta hektare lahan bisa menghasilkan 3.800 sampai 5.000 liter bahan bakar lumut. Dengan potensi lahan kering di Indonesia yang mencapai 15 juta hektare produksi potensi BBM akan menjadi 2,5 juta barel per hari.

"Negeri ini bisa terbebas dari masalah kebutuhan energi. Dan menjadi penghasil energi terbesar di dunia," ucap Eko.EHS
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login