IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Sistem Lisensi Ijin Lebih Tepat menggantikan Sistem PSC

Sistem Lisensi Ijin Lebih Tepat menggantikan Sistem PSC

Written By Indopetro portal on Tuesday, 26 May 2015 | 17:17

indoPetroNews.com - Sistem konsepsi lisensi izin minyak dan gas (Migas) dianggap lebih tepat diterapkan dalam pengelolaan bisnis di sektor hulu. Pasalnya, ini bisa mengganti sistem Production Sharing Contract (PSC) yang menerapkan cost recovery.

Pengamat Hukum Sumber Daya Alam, dari Universitas Tarumanegara (Untar), Ahmad Redi, mengatakan untuk sistem Konsesi dan Lisensi Izin berbeda jauh, yaitu konsesi akan menjadi hak sepenuhnya dari pelaku usaha, sementara lisensi izin maka ada kewajiban negara untuk bisa masuk ke lokasi pertambangan tersebut.

"Saat main golf dimasukkan dalam Cost Recovery, nah itulah yang menjadi dilema, jadi harus jelas apa itu masuk atau tidak, dan salah satu bentuk keadilan juga, dan kalau bagi hasil juga ada yang namanya Blok migas yang gampang atau yang susah," katanya, saat menggelar jumpa pers di Kantor Kementerian ESDM pada Selasa, (26/05).

Namun lanjutnya, penerapan pengelolaan migas harusnya dilakukan sistem B to B atau dengan kata lain, Pertamina berkontrak dengan para KKKS, dan peran pemerintah hanya memberikan ijin atau rekomendasi kepada Pertamina sebagai perusahaan BUMN.

"Dengan cara itu sebenarnya sudah sesuai dengan pasal 33 UU Migas dan sesuai pula dengan putusan MK (Mahkamah Konstitusi). Ini berbeda dengan sistem PSC, namun putusan MK itu hanya memberikan keterangan jika negara harus mendapatkan bagian yang sebesar-besarnya," katanya.

Sebelumnya, Kementerian ESDM mendapat rekomendasi dari Tim Reformasi Tata Kelola Migas (TRTKM) yang baru saja dibubarkan dengan catatan, sistem di hulu migas terdapat beberapa pilihan, antara lain sistem PSC, Hybrid Sistem, Konsensi, Konsepsi Lisensi izin hingga Service Kontrak migas.

Namun, dalam perubahan sistem pengelolaan industri migas ini dipastikan akan membutuhkan waktu sosialisasi yang cukup lama. Ini disebabkan karena sistem PSC yang diterapkan kepada Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) sudah berlangsung selama puluhan tahun silam. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login