IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » SKK Migas Imbau KKKS Menjaga Target Produksi

SKK Migas Imbau KKKS Menjaga Target Produksi

Written By Indopetro portal on Wednesday, 27 May 2015 | 13:23

indoPetroNews.com - Harga minyak dunia merosot. Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menghimbau kepada para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk melakukan efisiensi dan menjaga produksi tetap stabil. Pasalnya diketahui KKKS banyak yang mengurangi kegiatan eksplorasi dan fokus kepada sumur yang berpotensi cukup besar.

Menyikapi konsidi tersebut, Kepala Divisi Operasi Penunjang SKK Migas, Boris Sitorus, mengatakan, pihaknya tidak bisa menyalahkan KKKS. Dia menyadari bisnis hulu migas merupakan investasi padat kapital, padat teknologi dan berisiko tinggi. Sementara diketahui hasil eksplorasi baru dapat dirasakan industri dalam waktu lima tahun kemudian.

"Kita sudah mengimbau KKKS untuk melakukan efisiensi dan meninjau apa saja yang sudah dilakukan, terutama di lepas pantai. Kalau harga sudah di level US$40 per barel, pasti banyak yang tutup," ujar Boris, di Jakarta, Rabu (27/5).

Saat ini SKK Migas tengah merevisi work plant and budgeting (WP&B) PT Pertamina (Persero), dan perusahaan “pelat merah” tersebut harus menunda rencana pengeboran seratus sumur, untuk menghindari kerugian lebih besar lagi.

Begitu pula dengan KKKS lain, menurut Boris, pihaknya sudah meminta untuk merevisi WP&B. SKK Migas juga tidak ingin KKKS mengalami kerugian dan akhirnya angkat kaki dari Indonesia. "Kami sudah memanggil semua KKKS dan mendata mana saja proyek yang ditunda. Ini pasti berpengaruh terhadap lifting," tegas Boris.

Diketahui salah satu KKKS yang menunda eksplorasi adalah PT Medco Energy International Tbk. Saat ini, Medco lebih fokus pada proyek Senoro yang dinilai masih lebih baik untuk dikembangkan, karena memiliki potensi cukup besar. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login