IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Sofyano: Kementerian ESDM Tidak Berwenang Membubarkan Petral

Sofyano: Kementerian ESDM Tidak Berwenang Membubarkan Petral

Written By Indopetro portal on Wednesday, 27 May 2015 | 15:04

indoPetroNews.com - Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said dalam membubarkan Pertamina Trading Limited (Petral) dianggap salah kaprah dan berlebihan. Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi), Sofyano Zakaria mengatakan keputusan yang diambil Menteri ESDM untuk mencampuri masalah korporasi dan membubarkan anak perusahaan BUMN (Pertamina) sudah menyalahi aturan.

"ESDM sudah melampaui kewenangan atau tupoksinya BUMN," kata Sofyano, di Jakarta, Rabu (27/5). Sofyano menjelaskan seharusnya Kementerian ESDM bermitra dengan Komisi VII DPR, dan urusannya dengan pihak Pertamina secara khusus hanya terkait dengan pengawasan, pemberian subsidi BBM, harga BBM, Kuota BBM, penetapan harga minyak dan gas bumi, distribusi LPG, produksi minyak mentah, dan lainnya.

Sementara, untuk Kementerian BUMN, tupoksinya adalah urusan manajemen operasi anak perusahaannya, korporasi, laba rugi, PMN, dan lainnya. "Ini sebuah keberanian politis, yang bisa menjadi pertimbangan dan kajian untuk perbaikan dan kejelasan status hubungan kerja BUMN dengan Menterinya, serta Komisi yang mengawasinya di parlemen," ujar Sofyano.

Tak heran jika publik mempertanyakan ada kepentingan apa dibalik pembubaran Petral. Ia mendukung pendapat dan penjelasan yang disampaikan mantan Komisaris Utama Pertamina, Soegiharto, dalam diskusi yang ditayangkan sebuah televisi swasta semalam yang menyatakan Petral tidak perlu dibubarkan. "Tangkap tikusnya saja atau perbaiki sistemnya," katanya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login