IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Sulitnya Mengambil Alih Blok Mahakam, ESDM Keluarkan Permen

Sulitnya Mengambil Alih Blok Mahakam, ESDM Keluarkan Permen

Written By Indopetro portal on Friday, 8 May 2015 | 21:57

indoPetroNews.com - Sulitnya Pertamina untuk masuk ke Blok Mahakam, membuat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempersiapkan aturan baru. Aturan berbentuk Peraturan Menteri (Permen) tersebut nantinya akan mengatur bagaimana proses masa transisi saat kontrak sudah habis.

Kepala Unit Pengendalian Kinerja Kementerian ESDM, Widyawan Prawiraatmaja mengatakan, Permen ESDM itu diterbitkan, agar operator baru bisa masuk dua tahun sebelum kontrak operator lama berakhir. Ini dilakukan sebagai masa transisi agar produksi tidak terganggu.

"Sekarang aturannya tidak ada, makanya Total E&P Indonesie (Blok Mahakam) ngotot tidak memberikan izin. Kedepannya akan ada aturannya," ujar Widyawan, di Jakarta, Jumat (8/5).

Widyawan menambahkan, dengan aturan tersebut, operator baru bisa melakukan verifikasi data, mulai dari lokasi, cadangan, dan lainnya. "Akan kita buat itu, agar SKK Migas bisa mempersiapkan ke operator barunya. Akan diatur dalam Permen," katanya.

Ditargetkan Permen tersebut keluar dalam waktu dekat. Tetap di bulan Mei 2015 ini. "Dalam waktu dekat keluar," ujarnya.

Selain itu, untuk kontrak migas yang telah habis bukan berarti diberikan langsung ke Pertamina, kontrak tersebut bisa juga diperpanjang. Mekanismenya, blok yang habis kontrak, jika tidak diperpanjang Pertamina bisa minta, jika tidak mau, blok tersebut akan dilelang. EHS
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login