IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Audit Investigasi Petral Belum Menentu

Audit Investigasi Petral Belum Menentu

Written By Indopetro portal on Tuesday, 9 June 2015 | 16:16


indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengakui, fokus audit investigasi terhadap Pertamina Trading Limited (Petral) ada pada mekanisme pembelian minyak. Hal tersebut terlihat dari potongan harga yang didapat Petral.

Sudirman menyebutkan, dalam melakukan pembelian minyak, Petral hanya memberikan laporan jika pihaknya mendapat potongan harga sebesar USD 40 sen per barel. Namun dibalik itu, ternyata Petral mendapat diskon USD 1,5 per barel.

"Di masa lalu ada kesempatan memperoleh diskon yang tidak dimanfaatkan oleh korporasi secara institusi, entah larinya ke mana. Ini yang akan menjadi subjek dari audit investigasi," katanya, di Jakarta, Selasa (9/6).

Nantinya, kata Sudirman, proses audit akan dimulai dari pengecekan laporan dan dokumen. "Saat ini Pertamina sudah mengamankan data dan saya kira adjustmennya auditor untuk menggali berapa lama, kami serahkan kepada mereka," kata Sudirman.

Disisi lain, tim auditor dalam investigasi Petral sedang dibentuk PT. Pertamina (Persero). Sebagian tim yang akan mengaudit anak usaha Pertamina yang tengah ditutup sejak Mei 2015 tersebut, berasal dari internal Pertamina sendiri.

"Saya akan update dan cek dulu namanya, salah satunya ada dari pihak internal, bisa orang dalam maupun luar. intinya yang paling kompeten melakukan investigasi," kata Vice President Coorporate Comunication PT Pertamina Wianda Pusponegoro.

Selain itu, pihak Pertamina masih belum dapat memastikan kapan audit tersebut akan dilaksanakan. Diketahui dalam target audit investigasi tersebut, pemerintah memberikan tenggat waktu kepada Pertamina hingga April 2016. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login