IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Bergabung Ke OPEC, Incar Minyak Diskon

Bergabung Ke OPEC, Incar Minyak Diskon

Written By Indopetro portal on Tuesday, 9 June 2015 | 19:16

indoPetroNews.com - Bergabung kembali dalam negara-negara eksportir Migas (OPEC), pemerintah harus memberi jaminan kepada masyarakat Indonesia untuk bisa mendapat minyak mentah dengan harga murah.

Wakil Ketua Komisi VII DPR, Satya Wira Yudha, mendukung kembali bergabungnya Indonesia dengan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC). Namun, bergabungnya Indonesia bukan dengan tangan hampa.

"Kita berharap ada nego dengan NOC dan apakah membeli dari NOC menguntungkan? Jangan-jangan beli dari NOC akan dapat diskon daripada beli langsung," ujar Satya disela rapat dengan Kementerian ESDM, di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (9/6).

Di tempat yang sama, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said sempat melontarkan sebuah analogi, bergabungnya Indonesia ke OPEC bagaikan sawah dan toko beras.

Menteri menilai, Indonesia yang dahulu memiliki sawah guna menghasilkan beras serta toko, kini hanya memiliki toko beras dengan lahan sawah yang relatif sempit. "Produksi beras tidak cukup untuk bisa dijual, hanya dikonsumsi sendiri. Dulu kita bisa ekspor, sekarang impor," katanya.

Menurut mantan Dirut Pindad tersebut, setelah menghadiri forum OPEC pekan lalu, banyak pengalaman yang didapat. Terlebih, Indonesia berkesempatan untuk berdialog secara aktif dan interaktif dengan negara-negara pemain utama dalam pasar minyak mentah dunia. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login