IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » City Gas Siap Hadir di 25 Kota

City Gas Siap Hadir di 25 Kota

Written By Indopetro portal on Tuesday, 30 June 2015 | 14:58

indoPetroNews.com - Dalam 4 atau 5 tahun ke depan, pemerintah memastikan infrastruktur pipa gas mulai dari Sumatera hingga Pulau Jawa sudah akan tersambung. Adapun untuk jaringan pipa gas rumah tangga (city gas) juga akan disiapkan pada 25 kota di Indonesia.

Menteri ESDM, Sudirman Said menuturkan untuk meralisasikan rencana tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah Kementerian dan instansi terkait, di antaranya Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

"Planning jangka panjang sudah jadi kesepakatan tinggal tahapan-tahapannya memerlukan diskusi lebih lanjut. Empat tahun ke depan sampai 2019, jaringan pipa Jawa dan Sumatera harus tersambung," ujar Sudirman di kantornya, Selasa (30/6).

Selain penyambungan infrastruktur pipa gas, lanjut Sudirman, pihaknya juga menargetkan bakal menyediakan jaringan City Gas di 25 kota di Indonesia. Yang menjadi prioritas dalam jangka waktu dekat adalah kota Surabaya yang akan menjadi kawasan percontohan (pilot project) gas kota.

Sayang Sudirman tidak hafal ke 25 kota tersebut dan masih merencanakan kebutuhan anggaran untuk menyelesaikan proyek tersebut. Menteri baru sebatas melakukan pembahasan teknis dengan Bappenas.

"Seperti yang pernah saya bicarakan pada waktu yang lalu, ada dua fokus pemerintah dalam bidang energi diantaranya energi baru terbarukan dan infrastruktur migas sesuai Nawacita dan RPJMN. Nanti alokasi budgjet-nya tinggal menyesuaikan dengan keseluruhan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappenas yang juga Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), Adrinof Chaniago menyatakan bakal membantu Kementerian ESDM dalam menyiapkan regulasi dan mengurai sumbatan-sumbatan yang kerap menghambat eksekusi proyek.

"Karena energi itu adalah salah satu dari lima program sektor prioritas. Karena posisinya sebagai program prioritas dan mendesak, kami tentu bersama-sama agar program ini berjalan secara efektif dan kualitasnya terjaga," katanya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login