IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » DPR : Saatnya Pertamina Merdeka Kelola Migas

DPR : Saatnya Pertamina Merdeka Kelola Migas

Written By Indopetro portal on Monday, 1 June 2015 | 09:38

indoPetronews.com - Anggota Komisi VII DPR, Hari Purnomo, mengatakan, guna mendukung ketahanan energi nasional, pemerintah seharusnya memberikan PT. Pertamina (Persero) keleluasaan dalam mengelola blok migas yang akan segera habis masa kontraknya.

Selain itu, pemerintah juga harus memberikan dukungan penuh terhadap perusahaan BUMN ini untuk melakukan ekspansi di luar negeri. "Seharusnya, dalam pengambilalihan blok migas yang kontraknya akan segera habis, Pertamina tidak harus mengikuti tender. Kalau pemerintah ragu dengan kemampuan Pertamina, perusahaan tersebut bisa mencari mitra, tidak harus mengelola sendiri," kata Purnomo di Jakarta, kemarin.

Dengan ekspansi di luar negeri, lanjut Purnomo, maka Pertamina berhak membawa pulang minyak hasil temuannya di luar negeri, sehingga bisa meningkatkan cadangan minyak nasional.

Dijelaskan Hari, dalam pengelolaan blok migas, banyak perusahaan besar yang melakukan kerja sama dengan mitranya. Bahkan bisa saja mitra tersebut hanya menginvestasikan dana, tidak melakukan pencarian, dan itu bisa dilakukan Pertamina.

Purnomo mencontohkan, seperti pengelolaan Blok Mahakam, PT Total E&P Indonesie bekerja sama dengan Inpex Corporation. Namun, Inpex hanya sekadar memiliki saham. “Apa salahnya Pertamina juga begitu," ujarnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login