IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Investasi Blok Mahakam, Belum Ada Keputusan Resmi

Investasi Blok Mahakam, Belum Ada Keputusan Resmi

Written By Indopetro portal on Monday, 22 June 2015 | 10:03

indoPetroNews.com - Keputusan pengelolaan serta porsi pada Blok Mahakam, Kalimantan Timur telah ditetapkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementeriam ESDM. Diketahui, dengan keputusan 60 persen bagian pertamina dan 10 persen bagian Pemda Kaltim. Maka setiap tahun Pertamina harus menyiapkan innvestasi pada kisaran Rp 19,2 Triliun, dari investasi keseluruhannya yaitu sekitar USD 2,5 miliar (Rp 32 triliun).

"Kami perkirakan investasi tersebut USD 2,5 miliar per tahun, yah kurang lebih perhitungan cadangan bisa berlangsung dengan kontrak habis 20 tahun yang akan datang," kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Soetjipto, di Jakarta, Senin (22/6).

Sementara di lain tempat, Kepala Bagian Humas SKK Migas, Elan Biantoro mengatakan saat ini belum ada keputusan secara resmi dari Pemerintah berapa besaran investasi masing-masing operator. Dan akan diketahui setelah operator menyerahkan Work Plane & Budget (WP&B) kepada SKK Migas.

"WP&B kan belum masuk, tapi kita bisa tahu setelah masa kontrak habis yaitu pada tahun 2017 nanti, kalau sekarang belum tahu mas," katanya, saat dikonfirmasi.

Namun, secara garis besar jika nilai investasi di Blok Mahakam dihitung berdasarkan investasi yang selama ini dilakukan Total E&P Indonesia dan Inpex Corporation kisaran USD 2,5 miliar. Kisaran persentase pengelolaan Blok Makaham, maka masing-masing operator diperkirakan wajib menyiapkan dana :

1. PT Pertamina (Persero) sekitar Rp 19,2 Triliun (60%)
2. Pemda Kaltim sekitar Rp 3,2 Triliun (10%)
3. Total E&P Indonesie sekitar Rp 4,8 Triliun (15%)
4. Inpex Corp sekitar Rp 4,8 Triliun (15%)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login