IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Jepang Ikut Kepincut Program 35.000 MW

Jepang Ikut Kepincut Program 35.000 MW

Written By Indopetro portal on Friday, 5 June 2015 | 08:06

indoPetroNews.com - Setelah negeri jiran Malasyia, dengan perusahaan kabelnya, PT. Sarawak Cable Bhd, kali ini 9 perusahaan asal Jepang juga kepincut untuk menanamkan modalnya di sektor kelistrikan. Apalagi setelah mengetahui adanya program 35.000 MW (MegaWatt).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman mengatakan, pertemuan dengan sembilan investor yang dikoordinir Ministry of Economy, Trade and Industry (METI) Jepang, telah digelar, beberapa waktu lalu.

Dalam pertemuan itu, lanjut Jarman, sembilan investor Jepang itu, mengungkapkan ketertarikannya untuk berinvestasi. Ada empat hal krusial yang dibahas yaitu, land acquisition (pembebasan lahan), Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), perijinan, dan sertifikasi profesi.

"Namun TKDN merupakan domain Kementerian Perindustrian. Tapi kami akan menampung masukkan tersebut dan mendiskusikannya pada tingkatan yang lebih tinggi," ujar Jarman, di Jakarta, Kamis (4/6).

Asal tahu saja, program 35.000 MW adalah program yang digagas oleh pemerintah guna memenuhi kebutuhan setrum yang terus meningkat. Dengan asumsi pertumbuhan ekonomi sebesar 6%-6.5% per tahun, peningkatan ketersediaan listrik diproyeksikan 8-9% per tahun.

Diketahui, setiap tahun, Indonesia harus bisa menyediakan tambahan daya listrik 7.000 MW, atau 35.000 MW selama lima tahun mendatang. dan, pemerintah menargetkan pada 2020 elektrifikasi nasional mencapai 99%.

Dalam program 35.000 MW ini, peran Independent Power Producer (IPP) lebih besar daripada PLN. Dimana, PLN mendapat alokasi 10.000 MW sementara 25.000 MW akan dikerjakan oleh IPP. Jadi, wajarlah kalau investor asal negeri Sakura itu, tertarik. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login