IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Kaltim Minta 19 Persen Saham Mahakam

Kaltim Minta 19 Persen Saham Mahakam

Written By Indopetro portal on Friday, 26 June 2015 | 15:24

indoPetroNews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menyambangi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dalam rangka sarasehan dengan Asosiasi Daerah Penghasil Migas (APMD).

Pada acara tersebut, Sudirman juga bertemu dengan Gubernur Pemprov Kaltim Awang Faroek Ishak. Selanjutnya, pembicaraan keduanya mengarah kepada pembagian saham atau Participating Interest (PI) pada Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Seperti diketahui pemerintah pusat melalui Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 15/2015. Namun porsi PI yang akan disepakati nanti bergantung pembahasan pemerintah pusat dengan pemprov Kaltim.

Namun dalam pertemuan yang diketahui hingga tengah malam tersebut, Awang Faroek Ishak meminta kepada pemerintah pusat agar pihaknya diberikan hak PI sebesar 19 persen. Jelas ini berseberangan dengan keputusan pemerintah yang hanya memberikan maksimal 10 persen.

"Mulai jam 23.00, selama dua jam kita melakukan pertemuan dengan Gubernur Kalimantan Timur. Ada keinginan yang disampaikan Pemprov Kaltim," kata Sudirman dalam keterangannya, Jumat (26/6).

Terkait itu, Sudirman menyatakan, pemerintah telah memiliki aturan khusus dalam mengawal Wilayah Kerja (WK) migas yang habis masa kontrakya. Beleid itu tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM No. 15/2015. Namun porsi PI yang akan disepakati nanti bergantung pembahasan pemerintah pusat dengan pemprov Kaltim.

"Namun berapapun nantinya yang akan disepakati, seluruhnya harus jatuh ke Pemerintah Daerah. Prinsip pembahasan adalah dialog," tutur Sudirman.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login