IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Menteri ESDM Minta Proyek PLN Bangli Dikebut

Menteri ESDM Minta Proyek PLN Bangli Dikebut

Written By Indopetro portal on Tuesday, 9 June 2015 | 04:32

indoPetroNews.com - Usai melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudikerta, Menteri ESDM Sudirman Said, melanjutkan kunjungan kerjanya di Bali dan bertemu dengan General Manager PT PLN (Persero) Distribusi Wilayah Bali, Doddy Pangaribuan beserta jajaran.

Pertemuan yang diadakan di Kantor PT PLN (Persero) Unit Bisnis Pembangkitan Bali (UBPB) Pesanggaran, Minggu (7/6), adalah untuk mengetahui kondisi aktual sistem kelistrikan di Bali.

Dalam kesempatan tersebut, Doddy menyampaikan bahwa saat ini PT. PLN Distribusi Wilayah Bali tengah berupaya untuk meningkatkan kehandalan listrik sekaligus menurunkan biaya pokok produksi.

Doddy juga menjelaskan bahwa beberapa proyek yang saat ini sedang berjalan adalah: 1). Konversi BBM ke Gas utk PLTG Gilimanuk dan PLTG Pemaron (total kapasitas 218 MW); 2). PLTU Celukan Bawang, 3 unit dengan kapasitas sebesar 380 MW dan terakhir adalah PLTDG Pesanggaran sebesar 200 MW.

Khusus untuk PLTU Celukan Bawang, Doddy mengungkapkan, dengan masuknya PLTU Celukan Bawang Unit 1 (130 MW), dapat diperoleh efisiensi Rp 4.640.338.000, dalam satu hari (asumsi operasi 24 Jam). Sementara PLTU Celukan Bawang Unit 2 (125 MW), dapat menggantikan operasi PLTG Pesanggaran 2,3,4 dan PLTG Pemaron 1. Dengan asumsi dioperasikan selama 24 jam, dapat diperoleh efisiensi Rp 8.111.280.000,-.

Selanjutnya dengan beroperasinya PLTU Celukan Bawang Unit 3 (125 MW) dapat menggantikan operasinya PLTDG Pesanggaran Blok 1 & 2 dan PLTD sewa A Pesanggaran.

"Jika PLTU Celukan Bawang Unit 3 diasumsikan beroperasi selama 24 jam, maka dapat diperoleh efisiensi Rp 2.796.240.000. Sehingga Total Efisiensi Rp. 15.547.858.000,- per hari atau Rp 5,67 Trilyun per tahun," ungkap Doddy melalui keterangan pers, Senin (8/6).

Doddy mengatakan bahwa pemanfaatan gas untuk listrik juga memberikan keuntungan dari sisi lingkungan, pengurangan CO2 sekitar 1 juta ton per tahun.

Menanggapi paparan Doddy, Menteri ESDM memberikan arahan bahwa alokasi gas untuk pembangkit harus segera diselesaikan dan memanfaatkan storage eks BBM PLN untuk meningkatkan cadangan BBM. Selain itu, Menteri ESDM juga meminta percepatan peningkatan rasio elektrifikasi di Kabupaten Bangli.

"Saat ini rasio elektrifikasi di wilayah Bangli masih 69 persen. Itu artinya dibawah rata-rata nasional, yaitu 84 persen," tegas Sudirman.

Sebagai penutup Sudirman mengingatkan kepada seluruh direksi dan karyawan PT PLN Distribusi Bali bahwa apa yang dilakukan ini sudah sangat baik. Oleh karena itu Sudirman meminta Doddy dan jajaran untuk selalu bekerja keras.

"Memberikan kepuasan dan kebahagiaan bagi masyarakat luas adalah perbuatan baik yang tidak ternilai," jelas Sudirman. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login