IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pemerintah Wajib Berikan Hak PI untuk Pemda

Pemerintah Wajib Berikan Hak PI untuk Pemda

Written By Indopetro portal on Tuesday, 9 June 2015 | 11:24

indoPetroNews.com - Pemerintah akan memberikan 10 persen hak Participating Interest (PI) pada sektor minyak dan gas bumi (Migas) untuk pemerintah daerah penghasil sumber daya energi di wilayahnya. Namun beberapa daerah ada yang belum mampu menanamkan seluruh hak PI yang diberikan pemerintah pusat.

Koordinator Nasional Publish What You Pay (PWYP) Indonesia, Maryati Abdullah, menilai, untuk menolong pemerintah daerah mendapatkan hak 10 persen, pemerintah pusat wajib memberikan pinjaman melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

"Pemerintah pusat harus membantu Pemda, atau pemerintah bisa mengeluarkan surat obligasi yang khusus diperuntukkan bagi pemda guna mendapatkan hak PI sepuluh persen," ujar Maryati, di Jakarta, Selasa (9/6).

Jika pemerintah daerah memaksakan investasi hak 10 persen tersebut, kata Maryati, maka tidak diragukan lagi, kinerja pemda akan terganggu. Bahkan, pemda akan menjual hak tersebut kepada swasta, sehingga ujung-ujungnya pemda tidak akan mendapatkan apa-apa.

"Dana yang diperlukan pemerintah daerah dari 10 persen tersebut, sangat besar," ujarnya.

Maryati mengakui jika sifat dalam industri migas itu memiliki investasi dengan high capital. Sementara, kemampuan masing-masing daerah tidak sama, hanya pemda tertentu yang dapat menggunakan hak penyertaan PI 10 persen melalui BUMD, seperti Kalimantan Timur dan Riau.

Jika pemda masih ingin melibatkan swasta, Maryati menyarankan, agar yang dilibatkan jangan hanya dananya.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login