IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Diminta Susun WP&B Blok Mahakam

Pertamina Diminta Susun WP&B Blok Mahakam

Written By Indopetro portal on Tuesday, 16 June 2015 | 09:47

indoPetroNews.com - Pengelolaan Blok Mahakam sudah hampir menuju tahap final. Untuk itu Pemerintah meminta kepada PT Pertamina (Persero) untuk menyusun work plant and budgeting (WP&B) dalam pengelolaan Blok Mahakam, daripada terus meminta belas kasihan agar diberikan masa transisi kepada PT Total E&P Indonesie.

Ketua Unit Pengendalian Kinerja Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Widhyawan Prawiraatmaja, di Jakarta, kemarin, mengatakan WP&B merupakan hal terpenting dalam pengelolaan blok migas.

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan Pertamina sebagai pengelola Blok Mahakam mulai Januari 2018, menggantikan operator lama, Total E&P Indonesie.

Namun, kata dia, Pertamina harus melakukan berbagai hal, karena tidak mungkin bisa melakukan kegiatan tanpa mengetahui apa yang dibutuhkan. Karena itu Pertamina harus segera menyusus WP&B.

"Dia butuh data, yang punya data siapa? Pemerintah. Tetapi kan yang mengoperasikan adalah kontraktor kontrak kerja sama (KKKS), yang harusnya kooperatif untuk memberikan itu. Nanti yang menjembatani adalah SKK Migas," ujar Widhyawan.

Menurut Wawan, jika Pertamina masuk pada 2018, WP&B tersebut harus sudah disusun pada 2017. Dengan WP&B, akan diketahui apa yang akan dilakukan Pertamina ketika masuk, seperti mengebor, work over dan lainnya.

"Sebelum mengebor, misalnya tanahnya sudah ada belum? Kalau tanahnya belum ada, artinya apa? Pertamina harus menyiapkan tanah dulu. Itu kapan menyiapkannya?" ucap dia.

Selain itu, tutur Widhyawan, Pertamina juga harus memperhatikan apakah ada kontrak lain yang akan habis, seperti penyewaan alat, rig dan lainnya. "Itu harus diperpanjang dari sekarang," jelasnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login