IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Fokus, Syarat Jadi BUMN Kelas Dunia

Pertamina Fokus, Syarat Jadi BUMN Kelas Dunia

Written By Indopetro portal on Wednesday, 10 June 2015 | 15:22

indoPetroNews.com - Banyak pengamat mendesak agar lembaga Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dilebur menjadi satu dengan PT. Pertamina (Persero). Sehingga regulasi serta proses kontrak Migas hanya dilakukan dengan satu lembaga saja.

Namun, langkah itu justru dinilai akan menyulitkan Pertamina menjadi perusahaan berkelas dunia, seperti yang dicita-citakan pendahulu Dirut Pertamina, Karen Agustiawan. Dimana dalam roadmap kerjanya terdahulu, sudah cukup baik menata perusahaan BUMN ini.

Koordinator Gerakan Pekerja SKK Migas. Yapit Sapta Putra, mengatakan untuk menjadi perusahaan yang memiliki integritas tinggi di mata Internasional dan mengedepankan National Oil Company (NOC) dari perusahaan BUMN, maka harus minim dari intervensi pihak-pihak tertentu dan pemerintah. Ini berbeda jika SKK Migas dan Pertamina dilebur menjadi satu, maka ditakutkan akan berpotensi terjadi intervensi.

"Bayangkan saja disitu regulasi, disitu tanda tangan kontrak dan sebagainya, maka jelas cukup sulit membuat Pertamina jadi sekelas Petronas atau perusahaan migas besar lainnya, apalagi jika ada tarik-menarik kepentingan politik, maka sulit menjadi besar. Bisa menjadi pemain lokal yang handal, namun sulit menjadi perusahaan migas dunia," katanya, di Jakarta, Rabu (10/6).

Menurutnya, saat ini diberikan hak yang sama antara Pertamina dan PT PGN melalui bisnis hulu migasnya untuk mengelola sumur atau lapangan yang habis masa kontraknya. Namun, khusus bagi PGN diminta melakukan buy back sahamnya yang sudah dijual ke publik.

"Apalagi jika perusahaan Migas sudah di intervensi pihak-pihak tertentu, maka akan sulit itu nantinya," ujarnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login