IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Layak Menjadi 'Global Champion'

Pertamina Layak Menjadi 'Global Champion'

Written By Indopetro portal on Saturday, 6 June 2015 | 01:44

indoPetroNews.com - Perusahaan minyak dan gas bumi Badan Usaha Milik Negara, PT Pertamina (Persero) optimis menjadi Global Champion bila ada dukungan dari pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro menegaskan, Pertamina sebagai "global champion" harus segera diwujudkan agar bisa memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.

"Tanpa dukungan pemerintah dan masyarakat Indonesia, Pertamina sebagai global champion sulit terwujud," ujar Wianda dalam acara diksusi bertajuk Mendambakan UU Migas yang Konstitusional di Kantor Pusat PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Jumat (5/6).

Menurutnya, perusahaan telah memberikan kontribusi pada pajak penghasilan (PPh) sekitar Rp73 triliun di tahun 2013. "Tentunya angka-angka ini akan terus meningkat seiring meningkatnya prooduksi migas," katanya.

Selain PPh, lanjut Wianda, perusahaan juga teleh memberikan deviden kepada negara sekitar Rp.9 triliun. "Kita harapkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat Indonesia," ujarnya.

Untuk mencapai hal tersebut, mantan presenter Metro TV ini mengatakan, upaya perseroan bisa terwujud apabila, pertama Pertamina sebagai manajemen operasi migas di Indonesia dan pemerintah tetap sebagai regulator.

Kedua, mengelola wilayah kerja baru dan habis masa kontrak secara mandiri atau kerjasama dengan badan usaha atau badan usaha terbatas (BU/BUT).

Ketiga, berperan sebagai badan penyangga tunggal (single aggregator) migas untuk ketahanan energi nasional.

Keempat, seluruh produksi migas nasional wajib dijual kepada Pertamina, dan kelima pengembangan infrastruktur migas nasional oleh Pertamina.

"Pertamina sebagai global champion harus segera diwujudkan agar bisa memenuhi kebutuhan energi dalam negeri," ujar Wianda.

Lebih lanjut Wianda mengemukakan, saat ini Pertamina telah memiliki 109 terminal bahan bakar minyak (BBM), jumlah kapal 65 unit, dan bagian dari 104 kapal yang dikelola oleh Pertamina.

"Selain itu, Pertamina juga berharap dukungan untuk akuisisi blok-blok migas baik di dalam maupun luar negeri," tutupnya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login