IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Pertamina Rugi Ambil Minyak Sonangol

Pertamina Rugi Ambil Minyak Sonangol

Written By Indopetro portal on Friday, 5 June 2015 | 08:03

indoPetroNews.com - Pengamat Kebijakan Energi Nasional, Yusri Usman, menyebutkan jika PT. Pertamina (Persero) mengalami kerugian dalam membeli minyak mentah dari Sonangol EP. Pasalnya menurut Yusri minyak yang dibeli tidak sesuai dengan spesifikasi kilang pengolahan di Balongan.

Yusri mengatakan, dalam pengolahan minyak dari Sonangol EP tersebut, membuat Pertamina harus menggeser pengelolaan dari Balongan ke Cilacap. Sehingga cost produksi Pertamina menjadi bertambah.

"Pertamina harus memindahkan pengolahan minyak Sonangol dari Kilang Balongan di Indramayu ke Kilang Cilacap. Di situ adanya cost transportasi tambahan," ujar Yusri di Jakarta, Kamis (4/6).

Dirinya menilai, minyak asal Sonangol EP mempunyai kualitas yang tidak begitu bagus, sehingga ketika dikapalkan, minyak membeku dan tidak bisa dikeluarkan di Balongan. Untuk itu pihak Pertamina harus dipindah ke Kilang Cilacap yang memiliki fasilitas lebih baik.

Yusri menambahkan, minyak tersebut merupakan pengadaan hasil transaksi antara Sonangol dan PES sesuai penunjukan berdasarkan perintah direksi Pertamina untuk menindaklanjuti kerjasama G to G menjadi B to B pada akhir Oktober 2014.

"Awalnya, pemerintah dijanjikan ada diskon 15 persen untuk 100.000 bbls per hari, sehingga mendorong penghematan Rp.15 triliun per tahun. Itu angin surga saja karena faktanya malah lebih mahal dari harga di pasaran. Malah, berdasarkan info, kualitasnya jelek," katanya. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login