IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Iran Tawarkan Kondensat dan LPG ke Indonesia

Iran Tawarkan Kondensat dan LPG ke Indonesia

Written By Indopetro portal on Friday, 5 June 2015 | 13:21

indoPetroNews.com - Dalam perkumpulan negara-negara pengekspor minyak (OPEC) di Wina, Austria, mulai dari 3-4 Juni 2015, Iran menawarkan kondensat dan LPG dalam jumlah besar kepada Indonesia.

"Dalam diskusi tersebut, selain crude, Iran juga menawarkan kondensat dalam jumlah besar dan LPG," kata Menteri ESDM, Sudirman Said, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (5/6).

Sudirman menjelaskan, kondensat dan LPG yang ditawarkan oleh Iran, karena diketahui saat ini produksi Iran cukup besar, diperkirakan bisa mencapai 1 juta barel untuk kondensat. Sedangkan untuk produksi LPG bisa berkisar 15 juta metrik ton (MT).

Selain itu, lanjut Sudirman, Iran juga membuka kesempatan bagi pihak Indonesia yang ingin berinvestasi dalam bidang pupuk, mengingat harga gas di Iran sangat murah yaitu USD2 sampai USD3 per MMBTU. Adapun lokasi yang ditawarkan adalah di bagian selatan Iran, dekat dengan Pakistan.

"Jika program ini diimplementasikan, maka Indonesia dapat memiliki suplai pupuk urea yang kompetitif dalam jangka panjang," jelas Sudirman.
Sekadar informasi, Sudirman menyatakan dengan aktif dan kembalinya Indonesia di OPEC dan pertemuan bilateral dapat dengan mudah membuka peluang kerja sama untuk membangun kedaulatan energi.


"Kesempatan dukungan ini sempat tertunda selama beberapa tahun sejak kita menyakatan tidak aktif," jelas Sudirman.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login