IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » Sebelum Masuk OPEC, Benahi Dulu Pengelolaan Dalam Negeri

Sebelum Masuk OPEC, Benahi Dulu Pengelolaan Dalam Negeri

Written By Indopetro portal on Saturday, 6 June 2015 | 01:56

indoPetroNews.com - Anggota Komisi VII DPR-RI, Kurtubi mengatakan jika Indonesia ingin kembali menjadi anggota organisasi negara pengekspor minyak dunia (OPEC), pemerintah harus memperbaiki tata kelola minyak dalam negeri terlebih dahulu.

"Mimpi di siang bolong. Benahi dulu pengelolaannya. Bisa-bisa kayak kambing congek aja tidak punya suara. Semua bisa meninjau asal izin OPEC,” kata Kurtubi, dalam diskusi publik ‘Mendambakan UU Migas yang Konstitusional’ di kantor DPP Muhammadiyah Jakarta, Jumat (5/6).

Sebagai observer, menurut Politisi dari Fraksi Nasional Demokrasi (NasDem) itu, Indonesia tidak memiliki kewenangan dan hak suara apa pun di OPEC nantinya. Karena, Indonesia hanya diizinkan untuk mengikuti sidang umum organisasi eksportir minyak dunia tersebut.

Ia menjelaskan, sejauh ini produksi minyak Indonesia sangat rendah. Karena itu, sistem dan produksi minyak Indonesia harus diperbaiki dulu jika hendak masuk menjadi anggota OPEC. “Benahi dulu sistem dan produksi meningkat dulu,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya pemerintah sedang mengikuti kegiatan OPEC di Wina, Austria. dalam kegiatan tersebut, Menteri ESDM akan membahas rencana Indonesia untuk kembali bergabung dengan negara-negara para pengekspor minyak di dunia.

Indonesia sebelumnya adalah satu-satunya negara Asia yang bergabung di OPEC selama hampir 50 tahun, sebelum menyatakan keluar pada 2009.

Menurut aturan di OPEC, keanggotaan penuh harus didasarkan pada status negara tersebut sebagai net eksportir, namun ada yang disebut anggota rekanan yang bisa diakui dengan keadaan khusus.

Sudirman menyatakan, Indonesia bisa membantu dan menjadi "jembatan" antara produsen dan konsumen minyak. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login