IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » SKK Migas Ogah Digabung Pertamina

SKK Migas Ogah Digabung Pertamina

Written By Indopetro portal on Tuesday, 16 June 2015 | 16:52

indoPetroNews.com - Kepala Satuan Kerja Khusus Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas), Amien Sunaryadi mengaku tidak setuju dengan rencana penggabungan antara SKK Migas dengan PT Pertamina (Persero), yang sempat dilontarkan Komisi VII DPR RI.

Amien mengungkapkan, saat ini sistem dan manajemen baik di SKK Migas ataupun di Pertamina masih bobrok dan ruwet. Dengan demikian, jika kedua institusi ini dilebur justru akan menciptakan keruwetan menjadi lebih tinggi.

"Saya mengakui SKK Migas masih ada boroknya, belum efisien dan masih perlu waktu agar bisa lebih cepat dan efisien. Pertamina juga banyak boroknya dan kompleksitas harus dibenahi. Kalau digabung (SKK Migas) dengan Pertamina punya keruwetan tinggi," tuturnya dalam Diskusi Panel Ahli PP ISNU di Jakarta, Selasa (16/6).

Dia mengungkapkan, sistem dan manajemen yang masih kompleks di antara ke dua lembaga ini bakal menyulitkan jika benar-benar dilebur. "Ini sangat sulit untuk digabungkan. Saya melihat sangat sulit untuk digabungkan," imbuhnya.

Menurut Amien, saat ini biarkanlah perusahaan migas pelat merah tersebut berbenah diri untuk menjadi perusahaan kaliber dunia. SKK Migas pun demikian, seharusnya dibiarkan untuk membenahi industri hulu, serta agresif menemukan cadangan di dalam negeri.

Membenahi sistem dan manajemen di SKK Migas dan Pertamina, paling tidak membutuhkan waktu sekitar 10 tahun. Maka, wacana mengenai penggabungan SKK Migas dan Pertamina baru relevan 10 tahun mendatang.

"Menggabungkan dua institusi yang sudah bagus kan akan lebih mudah dibanding saat ini yang kedua lembaga ini masih borok dan ruwet. ‎Lebih baik Pertamina dibenahi dan SKK Migas dibenahi, nanti kita lihat 10 tahun seperti apa. Baru mulai dipikir apa digabungkan atau enggak," ujar Amien.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login