IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » SKK Migas Ungkap Penyebab Cost Recovery Tinggi

SKK Migas Ungkap Penyebab Cost Recovery Tinggi

Written By Indopetro portal on Thursday, 18 June 2015 | 13:42

indoPetroNews.com - Kepala Satuan Kerja Khusus Usaha Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi mengungkapkan, tingginya cost recovery para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) selama ini, diakibatkan oleh perusahaan vendor yang melakukan kontrak dengan KKKS.

"Saat ini ada 139 perusahaan KKKS, yang berkontrak dengan SKK Migas, dan saya melihat nilai cost recoverynya uncontrolable," ujar Amien, di Jakarta, Kamis (18/6).

Menurut Amien, kejadian tersebut disebabkan karena masing-masing perusahaan KKKS, menggunakan pihak ketiga (vendor) dalam mengerjakan pengeboran migas.

"Kalau mau ngebor, bukan dia yang ngebor, tapi dia akan buat kontrak dengan perusahaan pengeboran. Begitu juga jika butuh pipa, bukan dia yang bikin pipa, dia akan teken kontrak dengan suplayer pipa. Kalau dia mau bangun gedung, fasilitas, mau bangun jalan, mau beli kapal, mau apapun, bukan dia yang bikin. Dia beli dan teken kontrak dengan vendor," beber Amien.

Amien menyebutkan, ada ribuan kontrak antara KKKS dengan vendor. Dan pihaknya mengaku tidak pernah memeriksa kebenaran kontrak-kontrak tersebut.

"Jumlah vendornya lebih dari 1.500. Jadi ada puluhan ribu, mungkin ratusan ribu kontrak antara KKKS dengan vendor. Apalagi perusahaan up-vendor," katanya.

Untuk itu, mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini mengatakan bahwa setiap KKKS selama ini memasukkan angka cost recovery berdasarkan jumlah yang dibayar kepada vendor. Dan jumlah tersebut tergantung kontrak antara KKKS dengan vendor.

"Makanya saya dapat memastikan kalau memeriksa hanya sampai KKKS percuma. Kalau ini tidak diperiksa dengan baik, maka tidak ada yang bisa memastikan bahwa kontrak ini adalah efisien. Apalagi kalau kemudian kontrak dengan vendor dijabarkan lagi dengan yang kemungkinan vendor berkontrak dengan sub-vendor. Kemudian bisa saja lebih dalam lagi sub-vendor dengan sub-sub vendor," ujar Amien. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login