IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Subsidi Solar APBN 2016 Ditetapkan Rp.1.000

Subsidi Solar APBN 2016 Ditetapkan Rp.1.000

Written By Indopetro portal on Thursday, 11 June 2015 | 15:44

indoPetroNews.com - Komisi VII DPR-RI menyepakati subsidi tetap untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) Solar pada 2016 sebesar Rp1.000 per liter.

Ketua Komisi VII DPR-RI Kardaya Warnika, dalam Rapat Kerja (raker) membahas Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2016, Kamis (11/6), mengatakan, kesepakatan subsidi sebesar Rp1.000 per liter telah dipertimbangkan berdasarkan beberapa catatan dari fraksi.

"Karena semua fraksi sudah menyampaikan pendapatnya, maka dapat disimpulkan bahwa subsidi tetap untuk Solar Rp1.000 per liter dengan catatan," ujar Kardaya.

Sementara, Anggota fraksi Partai Gerindra, Ary Purnomo mengatakan, Gerindra konsisten mengusulkan subsidi untuk bahan bakar solar sebesar Rp1.200 per liter. Pasalnya, pihaknya melihat masih terjadinya fluktuasi nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan beberapa faktor lainnya.

"Kami konsisten dengan apa yang disampaikan dalam rapat lalu, karena perkembangan harga Sembako yang tidak terkendali dan jatuhnya nilai Rupiah, kami usulkan adanya tambahan besaran subsidi, agar dipertimbangkan kenaikan inflasi. Kami usulkan subsidi tetap Rp1.200 per liter," tegas Ary.

Kendati demikian, Komisi VII DPR-RI akhirnya menyepakati subsidi tetap untuk BBM Solar pada APBN 2016, sebesar Rp1.000 per liter, atau tidak mengalami kenaikan dari angka dalam APBN-Perubahan 2015.

Sekedar informasi, dari tujuh fraksi yang hadir dalam raker tersebut, sebanyak empat fraksi, antara lain Golkar, Demokrat, PKB, PPP, Hanura yang menyetujui usulan pemerintah subsidi tetap BBM Solar Rp1.000 per liter. Sementara, fraksi PDI-P dan Gerindra masing-masing menyepakati Rp1.200 per liter dan Rp1.500 per liter. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login