IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Sudirman Ngotot, Indonesia Bisa Gabung OPEC Lagi

Sudirman Ngotot, Indonesia Bisa Gabung OPEC Lagi

Written By Indopetro portal on Friday, 5 June 2015 | 10:10

indoPetroNews.com - Pemerintah Indonesia terus berharap bisa kembali bergabung bersama Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), pada pertemuan organisasi tersebut akhir tahun ini.

Hal tersebut ditegaskan Menteri ESDM Sudirman Said di Wina, Austria, Kamis (4/6), seperti dilansir Reuters. "Kami tak pernah menarik keanggotaan kami (di OPEC), hanya ditangguhkan," kata Sudirman.  Ia berada di Wina untuk menghadiri sidang OPEC yang akan dimulai Jumat (5/6).

Seperti diberitakan, bulan lalu Sudirman menyatakan Presiden Joko Widodo setuju Indonesia bergabung lagi ke OPEC, enam tahun setelah meninggalkan organisasi itu karena telah menjadi net importir.

Menurut Sudirman, pada sidang akhir pekan ini, OPEC diharapkan menyetujui untuk mempertahankan tingkat produksi saat ini untuk waktu enam bulan ke depan.

Tentang permintaan keanggotaan Indonesia, Sudirman juga berharap 12 negara anggota OPEC segera mendiskusikannya. "Tak ada aturan di OPEC (negara) net importir menjadi anggota," kata dia.

Indonesia sebelumnya adalah satu-satunya negara Asia yang bergabung di OPEC selama hampir 50 tahun, sebelum menyatakan keluar pada 2009.

Menurut aturan di OPEC, keanggotaan penuh harus didasarkan pada status negara tersebut sebagai net eksportir, namun ada yang disebut anggota rekanan yang bisa diakui dengan keadaan khusus.

Sudirman menyatakan, Indonesia bisa membantu dan menjadi "jembatan" antara produsen dan konsumen minyak.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login