IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Total E&P dan Inpex Masih Kelola Blok Mahakam

Total E&P dan Inpex Masih Kelola Blok Mahakam

Written By Indopetro portal on Tuesday, 16 June 2015 | 17:57

indoPetroNews.com - Meskipun PT. Pertamina sudah dapat dipastikan akan mengelola Blok Mahakam per Januari 2018, tidak menutup kemungkinan Total E&P Indonesia dan Inpex Corporation Ltd masih terlibat di blok yang terletak di Kalimantan Timur tersebut.

Menteri ESDM, Sudirman Said, mengungkapkan saat ini keputusan soal Blok Mahakam sudah ada di tangan Presiden Joko Widodo. Kalaupun Total dan Inpex kembali ikut mengelola Blok Mahakam, skema yang dijalankan adalah business to business dengan Pertamina.

"Kemarin kami sampaikan hasil pembicaraan terakhir Pertamina, Total dan Inpex. Kami menyampaikan posisi mereka, kami sampaikan rekomendasi. Kita tunggu wisdom dari beliau (Jokowi)," ujar Sudirman di Jakarta, Selasa (16/6).

Diakuinya, dalam laporan ke Presiden, dirinya hanya menyampaikan aspirasi dari masing-masing perusahaan tersebut. Aspirasinya meliputi keinginan untuk mengelola Blok Mahakam. "Aspirasinya ingin ikut serta. Total kepengen berapa persen, Pertamina ingin berapa persen, begitu juga Inpex. Saya menunggu panggilan dari beliau untuk mendiskusikan keputusan finalnya," kata Sudirman.

Dipastikan, dalam pengelolaan blok tersebut, Pertamina akan memperoleh hak PI mayoritas, tapi berapa persentasenya belum diketahui, karena masih menunggu keputusan dari Presiden. "Mayoritas ya normalnya minimal 51 persen. Nanti kita lihat," katanya.

Sebagai informasi, kontrak Total dan Inpex sebagai pengelola Bolok Mahakam akan berakhir pada 2017 dan pemerintah sudah memutuskan blok tersebut akan dikelola penuh Pertamina.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login