IndoPetroNews

Headlines News :
Home » » Undang-undang Migas Kedepan Lebih Mengatur Hilir

Undang-undang Migas Kedepan Lebih Mengatur Hilir

Written By Indopetro portal on Thursday, 18 June 2015 | 09:48

indoPetroNews.com - Pemerintah dan DPR akan fokus melakukan revisi UU No. 22 tahun 2001, tentang minyak dan gas bumi (migas). Dalam revisi kali inj, DPR lebih menitikberatkan pada sektor hilir. Pasalnya selain menjamin tata kelola migas yang baik, juga terkait pemenuhan kebutuhan energi masyarakat.

Ketua Komisi VII DPR RI, Kardaya Warnika, mengatakan alasannya karena revisi UU tersebut harus memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Migas harus selalu tersedia dengan harga terjangkau.

"Selama ini, wacana yang diberitakan berbagai media mengenai revisi UU Migas lebih banyak soal hulu. Padahal kita tahu, tingkat konsumsi migas di Indonesia dua kali lipat dibandingkan produksinya. Berbicara mengenai hilir migas, itu adalah pemenuhan hajat hidup orang banyak. UU Migas yang baru akan lebih banyak mengatur hilir migas," ujar Kardaya di Jakarta, Rabu (17/6).

Menurut Kardaya, dalam UU Migas No 22 Tahun 2001, pengaturan sektor hilir sangat kurang, bahkan yang dipermasalahkan dari UU Migas adalah terkait status BPH Migas dan SKK Migas, padahal itu tidaklah penting. Inti dari revisi UU Migas adalah manfaat bagi masyarakat.

Kardaya menargetkan revisi UU Migas tersebut dapat selesai pada tahun ini. Pihaknya akan mengundang berbagai pihak untuk membahas revisi UU Migas seperti tokoh-tokoh yang menyusun UU Migas 2001, mantan anggota Tim Reformasi Tata Kelola Migas, Indonesia Petroleum Association (IPA), dan Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI).

"Pengerjaan revisi UU ini tidak bisa dilakukan cepat-cepat, karena pengaruhnya besar demi kesejahteraan masyarakat," kata Kardaya. Ehs
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login