IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Wianda: Minyak Sonangol Clear untuk Cilacap

Wianda: Minyak Sonangol Clear untuk Cilacap

Written By Indopetro portal on Saturday, 6 June 2015 | 01:37

indoPetroNews.com - PT Pertamina (Persero) membantah mengalami kerugian dalam kontrak pembelian minyak dari perusahaan migas Angola, Sonangol EP. Justru Pertamina menilai pihaknya memperoleh untung dengan harga yang murah ketimbang membeli minyak dengan jenis yang sama dari negara lain.

VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusonegoro, mengatakan, tidak ada kerugian dalam pembelian minyak dari Sonangol, karena jenisnya cocok dengan kilang pengolahan minyak Cilacap. Namun, tidak cocok dengan kilang Balongan.

"Pertamina mencari harga terbaik dari semua penawaran yang ada. Sonangol EP dipilih karena memiliki minyak jenis heavy crude yang dibutuhkan Fuel Oil Complex 1 Cilacap," ujar Wianda, disela acara diskusi Migas di kantor DPP Muhammadiyah Jakarta, Jumat (5/6).

Selain itu, Sonangol EP juga menjamin mampu menyediakan minyak mentah dalam jumlah besar. Di sisi lain, kontrak pembeliannya pun hanya enam bulan, terhitung mulai Januari hingga Juni 2015, melalui Pertamina Energy Service (PES).

Seperti diketahui, pengamat kebijakan energi, Yusri Usman, mengemukakan Pertamina mengalami kerugian dalam membeli minyak mentah dari Sonangol EP. Karena, minyak tersebut tidak sesuai dengan kilang pengolahan di Balongan.

Menurut Yusri, Pertamina harus menggeser pengolahan minyak Sonangol tersebut dari Balongan ke Cilacap. Dan di situlah, menurut Yusri, biaya produksi Pertamina bertambah. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login