IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Wiratmadja: Lima Fokus Utama Pembangunan Migas

Wiratmadja: Lima Fokus Utama Pembangunan Migas

Written By Indopetro portal on Thursday, 11 June 2015 | 17:48

indoPetroNews.com - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja, merilis Lima fokus utama pembangunan infrastruktur migas di Indonesia.

Kelima proyek kerja tersebut meliputi, Pembangunan infrastruktur migas untuk wilayah kepulauan, pipa gas, infrastruktur untuk daerah yang tidak dapat dibangun pipa, jaringan gas bumi untuk rumah tangga dan juga pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG).

Wiratmadja menjelaskan, pembangunan infastruktur untuk wilayah kepulauan difokuskan pada pembangunan depo-depo di wilayah Indonesia Timur yang saat ini masih sangat kurang. Bahkan di beberapa pulau, sama sekali tidak memiliki SPBU dan tangki penyimpanan.

"Kekurangan ini menyebabkan harga BBM menjadi sangat mahal apabila terjadi gelombang laut yang besar," kata Wiratmaja, di Jakarta, Kamis (11/6).

Infrastruktur pipa gas yang menjadi fokus, lanjut Wirat, adalah penyambungan pipa gas dari ujung Sumatera sampai ke ujung Jawa dan hingga Bali jika memungkinkan. Selain itu, pembangunan pipa Gresik-Semarang dan pembangunan pipa gas dari Semarang-Cirebon diharapkan sudah rampung pada tahun 2016.

“Dua tahun ke depan ditargetkan pipa dari Duri ke Dumai bisa nyambung. Diharapkan dalam lima tahun, pembangunan pipa sudah bisa tersambung dari Semarang ke Jogja dan Solo,” tambahnya.

Fokus proyek infrastuktur ketiga adalah pembangunan infrastruktur gas untuk pulau-pulau di Timur Indonesia yang tidak bisa dibangun pipa. Untuk itu, Pemerintah akan membangun sarana untuk mendistribusikan LNG ke pulau-pulau tersebut.

Proyek yang akan selesai dalam waktu dekat adalah LNG untuk pembangkit listrik di Benoa, Bali, yang akan beroperasi pada Agustus atau September mendatang. Infrastruktur serupa akan dibangun di Gorontalo dan Makassar.

Selain itu, pembangunan jaringan distribusi untuk rumah tangga akan fokus di 20 kota pada tahun 2016. Pembangunan jargas bertujuan menggantikan LPG. Terakhir, pembangunan 22 SPBU di tahun 2015. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login