IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , , » 2016, Dana Petroleum Fund Sudah Tersedia

2016, Dana Petroleum Fund Sudah Tersedia

Written By Indopetro portal on Wednesday, 29 July 2015 | 12:01

indoPetroNews.com - Dirjen Migas, Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja menyampaikan, klausul petroleum fund yang dimasukkan dalam rancangan revisi UU Migas saat ini, diharapkan dapat rampung tahun ini juga, agar 2016 mendatang sudah bisa digunakan.

Menurut Wiratmaja, klausul tersebut sangat penting bagi negara-negara yang ekonominya tengah berkembang seperti Indonesia. Petroleum fund berfungsi untuk kegiatan eksplorasi terutama di daerah yang beresiko tinggi dan diharapkan dapat meningkatkan cadangan serta produksi migas.

Petroleum fund merupakan dana yang dialokasikan untuk mengoptimalkan kegiatan sub sektor migas yaitu meningkatkan eksplorasi migas, stabilisasi harga BBM dan meningkatkan cadangan minyak atau BBM.

"Kalau harga minyak rendah, pajaknya tinggi sekali. Bisa sampai 15%. Namun pada saat harga minyak tinggi, pajaknya dikurangi, cuma jadi 2%, bisa juga nol," katanya, di Jakarta, Rabu (29/7).

Petroleum fund juga akan digunakan untuk menjaga stabilisasi harga BBM, terutama pada saat harga minyak naik. Dana ini juga akan digunakan untuk meningkatkan fasilitas penyimpanan guna meningkatkan ketahanan energi nasional.

Mengacu dari berbagai negara yang memiliki petroleum fund, kata dia, sumber dananya beragam. Ada yang berasal dari APBN, ada pula dari pajak seperti yang dilakukan Malaysia.

Diketahui, kajian mengenai petroleum fund akan dilakukan oleh tim dari Kementerian ESDM, BKF, Kementerian Keuangan dan Pertamina. Diharapkan akhir tahun ini, kajian sudah rampung dilakukan dan dananya dapat tersedia mulai tahun depan. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login