IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Alasan Pertamina Share Blok Mahakam dengan Total

Alasan Pertamina Share Blok Mahakam dengan Total

Written By Indopetro portal on Monday, 13 July 2015 | 17:18

indoPetroNews.com - PT. Pertamina (Persero) yakin dengan melakukan upaya share down pada saham blok Mahakam merupakan strategi perusahaan plat merah tersebut untuk memperoleh blok PT. Total E&P Indonesia yang lain di luar negeri.

"Alasan kedua, Mungkin Pertamina bisa memperoleh share down di tempat lain (blok Total di luar negeri) sebagai kompensasinya," kata Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto kepada wartawan, di Jakarta, Senin (13/7).

Vice President Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro beberapa hari lalu menjelaskan posisi Pertamina dan Total sama-sama memiliki aset, Total memiliki aset diluar negeri dan Indonesia memiliki aset di dalam negeri. Dari situ, nanti dilihat keekonomian, potensi reserve, dan produksi bagaimana.

"Sama lah kayak kita beli di Algeria, Irak, Malaysia. Kita punya Participating Interest (PI) kan sekian persen, dari PI itu dari 40 ribu barel per hari (bph) kita bisa bawa sekian ribu barel per hari ke Indonesia, diolah lagi di kilangnya Pertamina untuk jadi produksi BBM di Indonesia," jelas Wianda.

Lebih lanjut, Wianda mengatakan, ini merupakan proses negosiasi bisnis dengan Total, jadi semua diserahkan ke meja negosiasi. Mau Total menerima atau tidak menerima share down saham 30 persen ini, keputusan ada di pihak Total.

Wianda menegaskan Pertamina tetap siap kelola Blok Mahakam tersebut. "Kita in term of bussiness harus straight, karena ini kan sudah masuk fase negosiasi. Karena ini bisnis, there is a money in here. Ini business deal yang serius," tegas Wianda.

Sebagai informasi, Pemerintah sudah membuat keputusan pembagian saham Blok Mahakam yakni sebesar 70 persen untuk Pertamina dan BUMD Kalimantan Timur, kemudian 30 persen untuk operator. (ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login