IndoPetroNews

Headlines News :
Home » , » Berani Ubah Gaya Hidup, Bisa Hemat 15-40 Persen Energi

Berani Ubah Gaya Hidup, Bisa Hemat 15-40 Persen Energi

Written By Indopetro portal on Wednesday, 8 July 2015 | 10:46

indoPetroNews.com - Direktur Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Farida Zed mengungkapkan, bahwa Indonesia dapat menghemat sekitar 15%-40% pengeluarannya, jika masyarakatnya berani merubah gaya hidup dalam upaya melakukan efisiensi energi.

Farida menyatakan, saat ini Indonesia dan delegasi negara-negara Uni Eropa dan ASEAN tengah menyusun dasar kebijakan terkait himbauan efisiensi energi tersebut.

"Saat ini kita bersama sama Asia sedang susun based line untuk upaya ini. Bagaimna road map kita dalam mencapai target 10% untuk konservasi energi pada 2020. Pada saat yang sama kita mempunyai potensi untuk melakukan penghematan energi yang berdasarkan dari negara-negara lain yaitu 15-40%," ungkap Farida dalam jumpa pers di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta, Selasa (7/7).

Farida mengaku, Pemerintah Indonesia telah berkomitmen dalam menangani konservasi energi dengan adanya direktorat yang khusus menangani konservasi energi.

"Seperti yang diketahui, direktorat jenderalnya aja sendiri Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi. Dan ada sebuah direktorat yang menangani konservasi energi. Ini menunjukan bahwa Pemerintah berkomitmen untuk melakukan konservasi energi," ujarnya.

Menurutnya, jika dalam skala kecil efisiensi energi bisa dilakukan seperti dengan mematikan lampu yang tak digunakan, atau menyalakan AC dengan suhu ruangan standar. Sedangkan dalam skala besar, upaya tersebut bisa dilakukan dengan standarisasi peralatan untuk sebuah industri.

"Labeling dan standarisasi peralatan. Sehingga kita mendapatkan barang yang hemat energi. Selain itu sosialisasi terus kita lakukan dan regulasi regulasi terus dibuat," tutup Farida.(ehs)
Share this post :
Comments
0 Comments

Post a Comment

www.indopetronews.com

 
Support : Web Master | Indokarmed | Web Hosting
Copyright © 2013. indoPetroNews - All Rights Reserved
Web Design Web Master Published Media Patner by Jurnalis Rakyat
Proudly powered by Portal Login